IMPLEMENTASI EFEK SQUIRT DAN SWERVE PADA PERMAINAN BILIAR BERBASIS WEB

71140003, MICHAEL NATANAEL (2018) IMPLEMENTASI EFEK SQUIRT DAN SWERVE PADA PERMAINAN BILIAR BERBASIS WEB. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Informatika)
71140003_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Informatika)
71140003_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Biliar adalah salah satu permainan yang cukup popular di dunia terbukti dengan adanya world confederation of billiard sports yang menaungi seluruh cabang olahraga yang berhubungan dengan biliar seperti snooker, pool, dan carom. Dalam permainan billiar ada istilah squirt dan swerve. Squirt adalah istilah dimana kondisi bola putih melenceng dari garis tongkat pukul. Sedangkan swerve adalah kondisi dimana bola putih berbelok melenceng berlawanan arah dengan squirt dari garis pukul tongkat. Dan pada saat ini hanya beberapa permainan yang menerapkan kedua efek ini, salah satu contohnya adalah permainan yang dibuat oleh Suminto pada tahun 2014 yang menerapkan efek squirt saja. Dari sini penulis mendapatkan insprasi untuk menambah efek swerve yang tidak kalah pentingnya untuk membuat permainan bisa lebih terasa nyata. Secara garis besar penulis membagi pembuatan permainan biliar ini menjadi 3 tahapan besar yaitu tahapan membuat kode untuk fungsi squirt dan swerve, membuat game engine yang dibutuhkan untuk permainan biliar, dan bug fixing permainan biliar beserta analisis dari hasil pembuatan permainan. Dari hasil yang didapat dapat disimpulkan bahwa efek squirt sangatlah mudah diterapkan dan bisa mendapat akurasi 100% dengan mudah karena perhitungan yang dilakukan diskrit dan dilakukan sekali saja sehingga mengurangi drastic kemungkinan error. Sedangkan efek swerve bisa mendapatkan hasil kebalikan dari squirt karena perhitungan yang terus menerus dan hasil perhitungan aslinya berupa kontinu sedangkan computer akan sangat sulit menerapkan sesuatu yang kontinu sehingga akurasi dari efek swerve tidak bisa mendapatkan 100%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: - swerve, squirt, biliar, video game, tumbukan, momentum, rotasi, html 5 canvas
Subjects: Q Ilmu Pengetahuan > QA Matematika > QA75 Komputer Elektronik. Ilmu Komputer
Q Ilmu Pengetahuan > QA Matematika > QA76 Perangkat Lunak (Software) Komputer
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Informatika
Depositing User: ms priska lim
Date Deposited: 30 Apr 2021 03:02
Last Modified: 30 Apr 2021 03:02
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/1452

Actions (login required)

View Item View Item