REVITALISASI LEMBAGA PENDIDIKAN KRISTEN DALAM DUNIA PENDIDIKAN (STUDI DARI YAYASAN PSAK SEMARANG DALAM MENYELENGGARAKAN PENDIDIKAN SEBAGAI LEMBAGA KRISTEN)

50120331, ANDRIAS OKTAVIANTO (2016) REVITALISASI LEMBAGA PENDIDIKAN KRISTEN DALAM DUNIA PENDIDIKAN (STUDI DARI YAYASAN PSAK SEMARANG DALAM MENYELENGGARAKAN PENDIDIKAN SEBAGAI LEMBAGA KRISTEN). Masters thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Tesis Ilmu Teologi)
50120331_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (4MB)
[img] Text (Tesis Ilmu Teologi)
50120331_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dalam kurun waktu sepuluh hingga dua puluh tahun belakangan ini banyak sekolah Kristen mengalami ketertinggalan dari sekolah-sekolah lain. Tidak sedikit sekolah Kristen yang mengalami kekurangan murid dan bahkan ada yang hingga terpaksa harus menutup sekolah. Dampak dari hal tersebut membuat sekolah Kristen yang dahulu menjadi ujung tombak pelayanan Gereja dan bahkan sangat berperan dalam mencerdaskan bangsa ketika negara ini masih belum mempunyai cukup dana menjadi kehilangan gemanya. Hal tersebut disebabkan oleh banyak hal, di antaranya karena adanya persaingan antarsekolah, industrialisasi pendidikan, kemiskinan, basis keagamaan suatu sekolah, dampak dari kebijakan pemerintah, dan adanya berbagai masalah intern yang dihadapi sebuah sekolah. Untuk membangkitkan kembali peranan sekolah-sekolah Kristen atau lembaga pendidikan Kristen agar memiliki peran kembali dalam dunia pendidikan, lembaga pendidikan Kristen perlu meninjau ulang tugas panggilannya agar menjadi relevan dengan konteks yang dihadapi dewasa ini. untuk menjadi relevan dengan konteksnya, lembaga pendidikan Kristen perlu melihat tugas panggilannya dari sudut pandang Paulo Freire yang memperkenalkan teorinya tentang pendidikan kaum tertindas. Di dalamnya sangat ditekankan agar segi-segi kemanusiaan kembali diberikan perhatian. Sebab selama ini dehumanisasi telah merampas kemanusiaan manusia sehingga kemanusiaannya menjadi tidak utuh. Dalam hal ini sekolah-sekolah Kristen agar mulai memberikan penekanan pada bagaimana lembaga pendidikan Kristen dapat mengembalikan manusia pada kemanusiaannya yang utuh dan sejati.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Sekolah Kristen, Humanisasi, Dehumanisasi, Dialog, Antidialog, Kemitraan, Gereja, Karakter, Yayasan PSAK, Tertindas, Miskin, Merosot, Kekhasan agama, Pendidikan,
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BR Christianity
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Teologi > Magister Ilmu Teologi
Depositing User: ms priska lim
Date Deposited: 10 Jun 2020 01:25
Last Modified: 10 Jun 2020 01:25
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/1444

Actions (login required)

View Item View Item