KONSEP BERKOMUNITAS DI DALAM KOMUNITAS BASIS MAHASISWA GREJA KRISTEN JAWI WETAN.

01140011, Josephine Christiana Sutrisno (2019) KONSEP BERKOMUNITAS DI DALAM KOMUNITAS BASIS MAHASISWA GREJA KRISTEN JAWI WETAN. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (SKRIPSI TEOLOGI)
01140011_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (471kB)
[img] Text (SKRIPSI TEOLOGI)
01140011_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB)

Abstract

Perkembangan jaman yang semakin maju menuntut manusia untuk meningkatkan kualitas hidup. Meningkatkan kualitas hidup dapat dilakukan dengan menempuh pendidikan yang lebih baik dan mencari lapangan pekerjaan yang menjanjikan di luar kota. Keadaan tersebut membuat pemuda/i akhirnya meninggalkan kota asalnya. Keberadaan tersebut membuat GKJW merasa bahwa GKJW akan kehilangan pemuda/i sebagai pilar gereja dan tidak dapat memberikan pelayananya. Persoalan ini dijawab oleh GKJW dengan membentuk suatu komunitas yang dinamakan Komunitas Basis Surabaya. Namun sebuah komunitas tidak memiliki ruh apabila perasaan memiliki dan menjadi bagian dalam komunitas tidak kuat dalam diri anggota KBM. Pada akhirnya, KBM yang menjadi alat untuk menjaga dan merawat gereja menjadi sebuah komunitas yang berjalan begitu saja. Padahal gereja bukan hanya berpusat pada kegiataan keagamaan ataupun jumlah jiwa yang hadir di dalamnya namun bagaimana jemaat dapat bertumbuh dan berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sampai sejauh rasa berkomunitas ini dihidupi oleh Komunitas Basis Mahasiswa Surabaya terkait dengan partisipasi anggota di KPPM.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: greja kristen jawi wetan, komunitas, partisipasi, penelitian kualitatif, rasa berkomunitas, teologi praktis.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Teologi > Teologi
Depositing User: ms Melania Putri - Keluar
Date Deposited: 26 Nov 2019 05:58
Last Modified: 26 Nov 2019 05:58
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/143

Actions (login required)

View Item View Item