“AKU TIDAK MEMBAWA DAMAI MELAINKAN PEDANG” (KAJIAN HERMENEUTIS EMPIRIS ATAS MAKNA PERKATAAN YESUS DALAM MATIUS 10:34-39 OLEH KOMUNITAS GKMI YOGYAKARTA MELALUI PENDEKATAN READERS-RESPONSE)

01140005, Kezia Tiaraleeosha Boru Tambunan (2019) “AKU TIDAK MEMBAWA DAMAI MELAINKAN PEDANG” (KAJIAN HERMENEUTIS EMPIRIS ATAS MAKNA PERKATAAN YESUS DALAM MATIUS 10:34-39 OLEH KOMUNITAS GKMI YOGYAKARTA MELALUI PENDEKATAN READERS-RESPONSE). Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (SKRIPSI TEOLOGI)
01140005_bab1_bab4_daftarpustaka.pdf

Download (706kB)
[img] Text (SKRIPSI TEOLOGI)
01140005_bab2-sd-bab3_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB)

Abstract

Menafsirkan teks Alkitab memiliki banyak metode yang kemudian lebih sering terfokus kepada konteks teks untuk menemukan makna yang mendekati makna asli. Namun, bagaimana apabila teks dibaca dengan fokus kepada sang pembaca itu sendiri? Pendekatan readers-response memiliki fokus yang demikian, sehingga memiliki keunikan tersendiri saat menghasilkan sebuah tafsiran. Pendekatan ini kemudian yang penulis gunakan untuk melihat bagaimana sebuah komunitas yang memiliki iman perdamaian yang kuat serta komitmen mengikut Kristus membaca teks Matius 10 : 34 – 39, yang memuat kisah pernyataan Yesus “Aku datang bukan untuk membawa damai melainkan pedang”. Pengalaman dan pemahaman seseorang akan imannya, menjadi bagian dalam diri yang sangat mempengaruhi ketika proses membaca sebuah teks. Demikian dengan komunitas Mennonite di Indonesia, terkhusus GKMI Yogyakarta, melihat bahwa teks Matius 10 : 34 – 39, dapat dipahami dengan positif melalui iman dan kepercayaan yang dimiliki. Namun, perlu disadari bahwa kebenaran akan hasil tafsiran melalui pendekatan ini bukanlah sebuah kebenaran yang absolut. Melainkan sebuah kebenaran yang harus selalu diperbaharui.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan readers-response, Mennonite, Matius 10 : 34 – 39, Perdamaian, GKMI Yogyakarta
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BR Christianity
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Teologi > Teologi
Depositing User: ms Melania Putri - Keluar
Date Deposited: 21 Nov 2019 07:39
Last Modified: 21 Nov 2019 07:39
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/138

Actions (login required)

View Item View Item