IMPLEMENTASI ALGORITMA PEA* PADA PERMAINAN PAC-MAN

71110101, GREGORIUS TITIS INDRAJAYA (2016) IMPLEMENTASI ALGORITMA PEA* PADA PERMAINAN PAC-MAN. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Informatika)
71110101_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Skripsi Informatika)
71110101_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pathfinding adalah merupakan upaya yang dilakukan oleh sebuah objek untuk menemukan rute dari titik dimana ia berada menuju ke sebuah titik lain. Terdapat beberapa algoritma yang berkaitan dengan ilmu pathfinding diantaranya ialah algoritma A* dan algoritma Partial Expansion A* (PEA*) yang merupakan pengembangan dari A* tersebut. Dalam penelitian ini, penulis melakukan evaluasi terhadap performa algoritma A* dan algoritma PEA*. PEA* diklaim mampu menghemat masalah kelebihan jumlah open node yang tidak dapat diatasi oleh A* dalam kasus percabangan yang besar. Algoritma agen cerdas diimplementasikan pada permainan pacman dan pengambilan data dilakukan dengan mengukur jumlah node dalam OPEN, visited node dan juga rute (path) yang diambil. Berdasarkan hasil analisis, didapatkanlah hasil dimana kedua algoritma memiliki path yang sama, akan tetapi justru PEA* memiliki jumlah open node (node dalam OPEN) dan visited node lebih banyak dari A*. Oleh karena itu, didapatlah kesimpulan bahwa algoritma PEA* tidak sesuai ketika diimplementasikan untuk kasus pathfinding pada game pacman.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: A*, Partial Expansion A* (PEA*), Analisis Algoritma, Permainan Pacman
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Informatika
Depositing User: ms priska lim
Date Deposited: 02 Nov 2020 03:41
Last Modified: 02 Nov 2020 03:41
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/1376

Actions (login required)

View Item View Item