TINGKAT PENGETAHUAN ORANG TUA PENDERITA DIABETES MELLITUS TIPE I MENGENAI PENGGUNAAN INSULIN DI KOMUNITAS THE GREAT CHILDREN FAMILY SURABAYA

41140019, Theresia Agung Kristiawan (2019) TINGKAT PENGETAHUAN ORANG TUA PENDERITA DIABETES MELLITUS TIPE I MENGENAI PENGGUNAAN INSULIN DI KOMUNITAS THE GREAT CHILDREN FAMILY SURABAYA. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (SKRIPSI KEDOKTERAN)
41140019_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (483kB)
[img] Text (Skripsi Kedokteran)
41140019_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Penyakit tidak menular salah satunya adalah Diabetes Mellitus, yaitu merupakan penyakit metabolik ditandai dengan karakteristik hiperglikemia terjadi akibat defek sekresi insulin, kerja insulin atau keduanya. Diabetes Mellitus Tipe I, yaitu apabila terjadi defisiensi sekresi insulin bersifat absolut dan masuk dalam kelompok penyakit metabolik yang ditandai dengan adanya kerusakan sel beta pankreas akibat proses autoimun atau idiopatik. Tercapainya keberhasilan terapi oleh penderita Diabetes Mellitus juga dipengaruhi oleh tingkat pengetahuan dari penderita. Tujuan : Mengetahui tingkat pengetahuan orang tua penderita Diabetes Mellitus Tipe I terhadap penggunaan insulin di Komunitas The Great Children Family Surabaya dan hubungan kriteria demografik dengan tingkat pengetahuan. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan desain penelitian observasional deskriptif analisis dengan pendekatan cross sectional. Responden pada penelitian ini adalah orang tua yang bergabung di Komunitas The Great Children Family Surabaya dan memiliki anak yang menderita Diabetes Mellitus Tipe I yang dipilih dengan metode Total Sampling. Hasil Penelitian : Responden penelitian ini berjumlah 64 orang, tingkat pengetahuan orang tua secara keseluruhan adalah baik. Kriteria demografik yang terdiri dari jenis kelamin (p>0,271), usia (p>0163), pekerjaan (p>0,078),pendidikan (p>0,662), lama menderita (p>0,074) dan usia anak (p>0,125) menunjukkan hasil p>0,05 yaitu tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan tingkat pengetahuan. Kesimpulan : Tingkat pengetahuan orang tua mengenai penggunaan insulin secara keseluruhan adalah baik dan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan orang tua penderita Diabetes Mellitus Tipe I terhadap kriteria demografik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pengetahuan, Diabetes Mellitus Tipe I, Insulin
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Prodi Kedokteran
Depositing User: Mr Yoshua Dwi Oktavianus Putra - Keluar
Date Deposited: 21 Nov 2019 06:53
Last Modified: 22 Jun 2021 04:14
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/132

Actions (login required)

View Item View Item