BAGIAN DARI HIDUPKU : SEBUAH LAYANAN PASTORAL DENGAN MEDIA TERAPI UNTUK KORBAN ERUPSIA GUNUNG SINABUNG JEMAAT GBKP RG. BEKERAH-SIMACEM.

01150001, Ekitwynn Handinata Kemit (2019) BAGIAN DARI HIDUPKU : SEBUAH LAYANAN PASTORAL DENGAN MEDIA TERAPI UNTUK KORBAN ERUPSIA GUNUNG SINABUNG JEMAAT GBKP RG. BEKERAH-SIMACEM. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Teologi)
01150001_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Teologi)
01150001_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tahun 2010 gunung Sinabung kembali erupsi setelah ±500 tahun silam ia berdiam. Korban dari erupsi Sinabung khususnya jemaat GBKP Rg. Bekerah–Simacem telah di relokasi ke siosar. untuk melayani korban erupsi Sinabung pasca bencana, penulis melakukan pelayanan pastoral dengan media terapi musik. menurut Djohan Terapi musik dapat mengatasi stress, trauma, mencegah penyakit, dan meringankan rasa sakit. Teologi bencana berperan sebagai landasan untuk pemahaman akan bencana, dimana pentingnya Teodice (Keadilan Allah) dan turut serta Allah dalam setiap peristiwa hidup termasuk bencana. Bagi Choan Seng Song Yesus juga hadir dan menderita bagi yang percaya kepadaNya dan memberi pengharapan serta ketenangan. Terapi Musik hadir sebagai pelayanan Pastoral untuk membantu penyembuhan trauma dan rekonsiliasi akan masa lalu mereka dan menerima keradaan saat ini untuk tinggal di relokasi. Kebahagiaan di kampung sebelum erupsi terhancurkan oleh bencana erupsi Sinabung, pada saat diposko hubungan dengan keluarga menjadi renggang, ketidakpedulian pemerintah membuat semakin kecewa. Hubungan dengan Tuhan bagi sebagain orang semakin baik, namun sebagian lagi makin tidak baik karena berlandaskan kekecewaan yang mendalam kepada Tuhan. Dalam penelitian ini menunjukkan terapi musik berhasil merekonsiliasi hubungan dengan Tuhan, diri sendiri dan sesama secara sosial dan pemerintahan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Erupsi, gunung Sinabung, Terapi Musik, Pelayanan pastoral, Teologi bencana, Penderitaan, Rekonsiliasi, Dirisendiri, Allah, dan Masyarakat.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BR Christianity
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Teologi > Teologi
Depositing User: ms octa antarani-resign
Date Deposited: 29 Nov 2019 03:06
Last Modified: 11 Jun 2021 02:55
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/116

Actions (login required)

View Item View Item