WAHABISME DAN ISLAM MODERAT DI INDONESIA: REFLEKSI ATAS RESPON ISLAM MODERAT TERHADAP GERAKAN WAHABI DI INDONESIA

01140045, Novita Anugracia Saragih (2019) WAHABISME DAN ISLAM MODERAT DI INDONESIA: REFLEKSI ATAS RESPON ISLAM MODERAT TERHADAP GERAKAN WAHABI DI INDONESIA. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Teologi)
01140045_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Teologi)
01140045_bab2-sd-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)

Abstract

Gerakan Islam yang mengusung ide pemurnian ajaran Islam kembali pada Al-Qur’an dan Hadits adalah gerakan Wahabisme. Gerakan Wahabi hanya memahami Hadits dan Al-Qur’an secara tekstual sehingga memiliki pemahaman yang sempit terhadap ajaran Islam dan ini akan mudahnya menyerang orang lain yang berbeda paham dengan mereka. Wahabisme sudah meluas hampir ke seluruh wilayah Timur Tengah bahkan berhasil masuk ke Indonesia dengan caranya sendiri. Wahabisme masuk ke Indonesia melalui agen-agennya yang hidup di Indonesia dan menyebarkan paham Wahabi ke seluruh wilayah di Indonesia. Wahabisme termasuk dalam kategori gerakan Islam radikal karena seluruh cara dan ajarannya berhaluan keras dan sempit. Masuknya paham Wahabi di Indonesia sama saja dengan memunculkan persoalan agama di tengah kehidupan masyarakat. Sehingga hal ini membuat organisasi Islam moderat yakni NU dan Muhammadiyah yang sudah ada sebelum Wahabisme masuk ke Indonesia, memiliki berbagai upaya menghadapi radikalisme agama, terutama pada Wahabisme. Tidak kalah diam juga, Kekristenan (gereja) pun turut memberi perhatian dan upaya terhadap persoalan radikalisme agama yang terjadi di Indonesia. Kedua agama ini sangat pantas bekerjasama dengan tujuannya yang sama yaitu menangkal radikalisme agama yang dibawa oleh gerakan Wahabi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Wahabisme, Hadits dan Al-Qur’an, ajaran Islam, Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah, Persoalan Agama, Radikalisme Agama, Kekristenan (gereja).
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Teologi > Teologi
Depositing User: ms octa antarani-resign
Date Deposited: 29 Nov 2019 02:53
Last Modified: 11 Jun 2021 02:54
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/115

Actions (login required)

View Item View Item