PENANGGULANGAN KERUSAKAN HUTAN MANGROVE DI SENDANGBIRU, MALANG SELATAN DAN PROGRAM PEMULIHAN KRISIS EKOLOGI GKJW: SEBUAH KAJIAN EKO - TEOLOGI

01140032, Bil Clinten Sudirman (2019) PENANGGULANGAN KERUSAKAN HUTAN MANGROVE DI SENDANGBIRU, MALANG SELATAN DAN PROGRAM PEMULIHAN KRISIS EKOLOGI GKJW: SEBUAH KAJIAN EKO - TEOLOGI. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Teologi)
01140032_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (523kB)
[img] Text (Skripsi Teologi)
01140032_bab2-sd-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB)

Abstract

Krisis ekologi menjadi pusat perhatian dalam era globalisasi, permasalahan ekologi mendapatkan ruang di dalam kasanah teologi. Beberapa teolog telah memberikan sumbangsih tentang pandangan ekoteologi dengan melihat relasi Allah, Manusia, dan Alam. Relasi yang membawa gereja ada di dunia dengan harmonis melihat segala sesuatu sebagai subjek, bukan lagi objek. Berangkat dari realita krisis lingkungan yang terjadi di Sendangbiru-Malang, pemulihan Hutan Mangrove yang dilakukan oleh CMC Tiga Warna dengan Yayasan Bhakti Alam yang mempunyai slogan “Hidup Bersama Alam”. Konteks pelayanan di GKJW yang mempunyai gagasan “Sesama Ciptaan” membawa konsep ekoteologi dapat memberikan ruang bagi wilayah yang telah di lakukan pegiat lingkungan warga gereja dan masyarakat. Ekoteologi GKJW yang memberikan pelayanan cinta kasih sendiri adalah upaya untuk menghadirkan kasih, sukacita, keadilan, kebenaran, dan damai sejahtera bagi seluruh dunia. Maka pandangan tersebut bisa dimaknai secara mengerucut pada krisis ekologi. Pandangan spiritualitas ekologi dapat menjadi gaya hidup dalam berteologi di GKJW dan warga gereja tak terkeculai masyarakat lebih luas. Oleh karena itu, pandangan teologis tentang ekologi tidak dipandang sebagai objek, namun adanya proses yang membawa kepada keselarasan dalam kehidupan dengan lingkungan yang lestari. Penulis tertarik untuk menelaah teologi ekologi dengan konteks yang ada di CMC Tiga Warna dan ekoteologi GKJW. Penulis juga menyadari upaya ini untuk melihat konteks dan mengontekstualkan permasalahan teologi ekologi di GKJW.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Teologi, Ekologi, Manusia, Alam, Tuhan, Iman, Kekristenan, Harmonis, Spiritualitas, Konservasi, Mangrove, Kebudayaan, Globalisasi, Pembangunan, Gereja, Masyarakat.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BR Christianity
S Agriculture > S Agriculture (General)
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teologi > Teologi
Depositing User: ms octa antarani-resign
Date Deposited: 29 Nov 2019 02:43
Last Modified: 11 Jun 2021 02:52
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/101

Actions (login required)

View Item View Item