<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KONTESTASI KUASA DI BALIK GERAKAN SEKTARIAN GEREJA MULA-MULA\r\nSERTA KUTUKAN ANANIAS DAN SAFIRA. KRITIK IDEOLOGI TERHADAP TEKS KISAH PARA RASUL 4:32-5:11 DAN SIGNIFIKANSINYA BAGI KOMUNITAS DAN KEPEMIMPINAN GEREJA MASA KINI"^^ . "Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan penulis pada isu kuasa /otoritas dalam gereja\r\nmaupun komunitas Kristen. Di sebagian gereja, otoritas hadir dalam figur karismatik yang\r\nmewakili otoritas ilahi. Sedangkan sebagian komunitas lain, otoritas hadir melalui institusi yang\r\nlebih terorganisir. Isu kuasa juga seringkali tampak dalam kontestasi kuasa internal maupun\r\neksternal gereja yang berpotensi memicu perpecahan dan permusuhan. Isu ini menurut penulis\r\nberesonansi dengan narasi gereja mula-mula dalam Kisah Para Rasul 4:32-5:11. Figur dan otoritas\r\nrasul begitu menonjol dalam hidup kolektif jemaat, dan juga dalam narasi kutukan terhadap\r\nAnanias dan Safira. Namun kematian tragis ini memunculkan persoalan etis, di mana tidak adanya\r\nkesempatan kedua dan ruang penggembalaan bagi Ananias dan Safira. Jika komunitas ini dianggap\r\nideal dan diterapkan begitu saja bagi konteks masa kini, maka teks ini berpotensi melegitimasi\r\nabuse of power maupun tindakan mengeksklusi kelompok lain tanpa ruang pertobatan dan\r\npenggembalaan. Untuk itu penulis menggunakan pendekatan kritik ideologi sebagai pisau analisis\r\nuntuk menyelidiki motif, ideologi, serta konteks sosial yang mendorong begitu ditonjolkannya\r\notoritas rasul, serta guna menawarkan ideologi alternatif dalam semangat etis-emansipatoris.\r\nYang ditemukan melalui penelitian ini yaitu penonjolan otoritas rasul erat kaitannya dengan\r\nkontestasi kuasa pasca hancurnya Bait Allah terkait siapa pewaris sah Bait Allah, antara sekte\r\nKristen yang bercirikan kenabian-karismatik, dengan Yudaisme Rabinik yang bercirikan\r\nkeimaman-institusional. Ciri hidup berbagi dan gambaran otoritas rasul yang distributif menjadi\r\nlegitimasi bahwa komunitas Kristen adalah pengganti sah Bait Allah. Kharis (anugerah) menjadi\r\nkunci dari hadirnya Allah dalam komunitas ini, karena umat di mana Allah hadir adalah umat\r\nyang mendistribusikan kharis seluas-luasnya. Alasan Ananias dan Safira dikutuk adalah alasan\r\nyang sama dengan hancurnya Bait Allah, yakni kharis yang berlimpah justru dihisap untuk\r\nkeuntungan pribadi / kelompok tertentu. Maka teologi kharis sekaligus menjadi jalan kepada\r\nhadirnya ideologi alternatif. Kisah Para Rasul menunjukan bahwa model komunitas dan otoritas\r\nrasul tidak statis dan terus mengalami reformasi sesuai perubahan konteks, dengan kharis sebagai\r\ndasar. Selain itu, kharis juga menjadi dasar bahwa anugerah yang berlimpah dari Allah seharusnya\r\nmemberi ruang merangkul dan menggembalakan mereka yang berdosa dalam komunitas.\r\nKata kunci: ideologi, jemaat mula-mula, kutukan, sektarian, kharis, anugerah, kenabian,\r\nkeimaman, otoritas, institusi gereja, karisma"^^ . "2024-11-29" . . . . "Universitas Kristen Duta Wacana"^^ . . . "Filsafat Keilahian, Universitas Kristen Duta Wacana"^^ . . . . . . . . . . . "Frans Setyadi"^^ . "Manurung"^^ . "Frans Setyadi Manurung"^^ . . "Akhung Berithel Ina"^^ . ""^^ . "Akhung Berithel Ina "^^ . . "Robert"^^ . "Setio"^^ . "Robert Setio"^^ . . . . . . "KONTESTASI KUASA DI BALIK GERAKAN SEKTARIAN GEREJA MULA-MULA\r\nSERTA KUTUKAN ANANIAS DAN SAFIRA. KRITIK IDEOLOGI TERHADAP TEKS KISAH PARA RASUL 4:32-5:11 DAN SIGNIFIKANSINYA BAGI KOMUNITAS DAN KEPEMIMPINAN GEREJA MASA KINI (Text)"^^ . . . "KONTESTASI KUASA DI BALIK GERAKAN SEKTARIAN GEREJA MULA-MULA\r\nSERTA KUTUKAN ANANIAS DAN SAFIRA. KRITIK IDEOLOGI TERHADAP TEKS KISAH PARA RASUL 4:32-5:11 DAN SIGNIFIKANSINYA BAGI KOMUNITAS DAN KEPEMIMPINAN GEREJA MASA KINI (Text)"^^ . . . "50220156_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf"^^ . . "HTML Summary of #9555 \n\nKONTESTASI KUASA DI BALIK GERAKAN SEKTARIAN GEREJA MULA-MULA \nSERTA KUTUKAN ANANIAS DAN SAFIRA. KRITIK IDEOLOGI TERHADAP TEKS KISAH PARA RASUL 4:32-5:11 DAN SIGNIFIKANSINYA BAGI KOMUNITAS DAN KEPEMIMPINAN GEREJA MASA KINI\n\n" . "text/html" . . . "Filsafat (Umum)"@id . . . "Kekristenan"@id . .