%R doi:10.33005/border.v5i1.744 %L katalog9442 %I Program Studi Arsitektur Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur %P 61-75 %V 5 %X Kondisitempat tinggal berperan penting dalamproses pembelajaran daring yang dilakukan di rumah. Kebutuhan tempat tinggal yang mendukung proses pembelajaran tersebut terlihat jelas ketika terjadi Covid-19 yang memaksa mahasiswa untuk belajar dari tempat tinggal masing-masing. Namun, tempat tinggal yang tidak didesain untuk mahasiswa melakukan proses pembelajaran dari tempat tinggalmengakibatkan fokus/konsentrasi dalam proses tersebut kurang berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuanuntuk mengeksplorasi dimensi persepsi rumah tinggal yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran daring. Metode penelitian kuantitatif dengan analisis PCA untuk menemukan dimensi-dimensi yang perlu diperhatikan dalam tempat tinggal sehingga proses pembelajaran dari rumah dapat berjalan dengan baik. Penelitian ini menggunakan respondenmahasiswa yang tinggal di Yogyakarta dan Bandung sehingga hasil penelitian ini memiliki perbandingan persepsi mahasiswa di dua kota yang berbeda. Dimensi persepsi kondisitempat tinggal untuk pembelajaran daring yang ditemukan yaitu kualitas audial, kenyamanan ruang, performa ruang, dan kualitas visual. Kondisitempat tinggal memiliki perbedaan persepsi menurut jenis tempat tinggalnya berupa kos dan rumah tinggal. Pada akhirnya, penelitian ini memberikan prinsip desain yang perlu dipertimbangkan dalam desain rumah tinggal masa kini. %J Border: Jurnal Arsitektur %N 1 %D 2023 %T PERSEPSI KONDISI TEMPAT TINGGAL SEBAGAI RUANG PEMBELAJARAN DARING. STUDI PERBANDINGAN TEMPAT TINGGAL DI YOGYAKARTA DAN BANDUNG %K kondisi tempat tinggal; kualitas audial; pembelajaran daring; prinsip desain tempat tinggal; school from home %A Patricia Pahlevi Noviandri %A Anugrah Sabdono Sudarsono