eprintid: 9334 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 2098 dir: disk0/00/00/93/34 datestamp: 2024-09-20 03:18:04 lastmod: 2024-09-20 03:18:04 status_changed: 2024-09-20 03:18:04 type: article metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: , Budi Susanto creators_name: , Gloria Virginia creators_name: , Umi Proboyekti creators_id: 0511057301 creators_id: 0518017901 creators_id: 0508087001 title: PENDAMPINGAN UNTUK PENYEDIAAN SISTEM PELANGGAN PADA UNIT USAHA YAYASAN BERNADUS DIREKTORAT SEKOLAH SANJAYA ispublished: pub subjects: QA76 divisions: fak_tein full_text_status: public keywords: Sistem Pelanggan; Pendampingan Pengembangan; Sistem Informasi abstract: Direktorat Sekolah Sanjaya adalah lembaga dari Yayasan Bernardus yang bergerak dalam bidang pendidikan. Untuk mendukung bidang pendidikan, mereka menjalankan unit usaha berupa kedai kopi bernama Melcosh. Oleh karena unit usaha tersebut penting untuk mendukung pelayanan bidang pendidikan, maka menjadi penting untuk dikembangkan. Pengembangan layanan kepada pelanggan menjadi salah satu bentuk layanan penting bagi Melcosh. Dalam usaha untuk mencapai hal tersebut, dibutuhkan sistem manajemen pelanggan berbasis aplikasi mobile. Dalam rangka itulah, Yayasan Bernadus Direktorat Sekolah Sanjaya menjalin kerja sama dengan Fakultas Teknologi Informasi UKDW, dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah salah satu bentuk penerapan kerja sama tersebut. Dalam pengembangan sistem manajemen pelanggan tersebut, mereka membutuhkan pendampingan teknis dikarenakan mereka belum memiliki tenaga tetap yang khusus menangani pengembangan sistem informasi. Dalam pendampingan teknis tersebut, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menghasilkan beberapa luaran, antara lain dokumen spesifikasi kebutuhan, dokumen desain sistem, dan juga purwa rupa aplikasi. Purwa rupa yang dapat dikategorikan sebagai high fidelity aplikasi Pelanggan Melcosh berbasis Android juga telah dihasilkan bersama. Purwa rupa ini diharapkan dapat digunakan untuk memberi gambaran kepada tim Melcosh terkait bentuk aplikasinya nanti. Pendampingan juga memberikan pertimbangan dalam rencana strategis pembangunan sistem berbasis teknologi informasi dan komunikasi bagi Yayasan Bernadus Direktorat Sekolah Sanjaya. Pertimbangan tersebut dinilai penting bagi Yayasan karena dapat dimanfaatkan untuk pengembangan organisasi secara berkelanjutan. date: 2022-08-29 publication: SHARE Journal of Service Learning volume: 8 number: 2 publisher: UNIVERSITAS KRISTEN PETRA SURABAYA pagerange: 208-215 id_number: doi:10.9744/share.8.2.208-215 refereed: TRUE issn: 26554720 official_url: https://doi.org/10.9744/share.8.2.208-215 funders: budsus@ti.ukdw.ac.id citation: Budi Susanto and Gloria Virginia and Umi Proboyekti (2022) PENDAMPINGAN UNTUK PENYEDIAAN SISTEM PELANGGAN PADA UNIT USAHA YAYASAN BERNADUS DIREKTORAT SEKOLAH SANJAYA. SHARE Journal of Service Learning, 8 (2). pp. 208-215. ISSN 26554720 document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/9334/1/PENDAMPINGAN%20UNTUK%20PENYEDIAAN%20SISTEM%20PELANGGAN.pdf