eprintid: 9327 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 2098 dir: disk0/00/00/93/27 datestamp: 2024-09-20 02:17:56 lastmod: 2024-09-20 02:17:56 status_changed: 2024-09-20 02:17:56 type: article metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: , Arida Susyetina, S.S creators_name: , Eunike Putri Chriswiyati creators_name: , Suprianus Lase creators_id: 0513098202 creators_id: 81200082 creators_id: 81170022 title: PELATIHAN PUBLIC SPEAKING UNTUK SISWA SMA BUDI UTAMA ispublished: pub subjects: LC5201 divisions: fak_bing full_text_status: public keywords: public speaking; keterampilan; elemen pidato; garis besar pidato abstract: Pelatihan Public Speaking ini merupakan bagian dari Profesional Teaching Program yang diselenggarakan rutin oleh SMA Budi Utama untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para siswa dalam berbicara menggunakan bahasa Inggris di depan umum. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai: 1) manfaat keterampilan berbicara di depan umum; 2) ekspresi wajah, bahasa tubuh, suara, dan dinamika berpidato; 3) faktor budaya, psikologis, dan komunikasi yang mempengaruhi keterampilan berbicara; dan 4) pengetahuan mengenai elemen pidato dan keterampilan menyusun garis besar pidato. Metode kegiatan PkM ini adalah pelatihan yang diawali dengan tes awal, ceramah, tanya jawab, diskusi, simulasi, dan tes akhir. Tes awal dan tes akhir dilakukan dengan menggunakan Quizizz dan kegiatan pelatihan diakhiri dengan penyampaian laporan hasil tes akhir kepada guru dan sekolah sebagai acuan pelatihan selanjutnya. Hasil tes akhir menunjukkan adanya: 1) minat yang tinggi untuk meningkatkan keterampilan berbicara menggunakan bahasa Inggris di depan umum dan peningkatan pengetahuan tentang manfaat memiliki keterampilan public speaking; 2) peningkatan pengetahuan tentang ekspresi wajah, bahasa tubuh, suara dan dinamika berpidato; 3) peningkatan kesadaran akan pentingnya pemahaman komunikasi lintas budaya sebagai bagian dari faktor budaya, psikologis, dan komunikasi yang berpengaruh dalam keterampilan berbicara di depan umum; dan 4) peningkatan pemahaman tentang elemen pidato dan keterampilan menyusun garis besar pidato yang ditunjukkan di akhir pelatihan ketika para peserta mampu menyusun garis besar pidato yang runtut dan menyampaikan pidato dengan lebih percaya diri yang nampak dari ekspresi wajah, bahasa tubuh, suara, dan dinamika berpidato. date: 2022-09 publication: JURNAL PATRIA volume: 4 number: 2 publisher: Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Katolik Soegijapranata pagerange: 117-126 id_number: doi:10.24167/patria.v4i2.4080 refereed: TRUE issn: 2656-5455 official_url: http://dx.doi.org/10.24167/patria.v4i2.4080 funders: arida@staff.ukdw.ac.id citation: Arida Susyetina, S.S and Eunike Putri Chriswiyati and Suprianus Lase (2022) PELATIHAN PUBLIC SPEAKING UNTUK SISWA SMA BUDI UTAMA. JURNAL PATRIA, 4 (2). pp. 117-126. ISSN 2656-5455 document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/9327/1/Pelatihan%20Public%20Speaking%20untuk%20Siswa%20SMA%20Budi%20Utama.pdf