%0 Journal Article %@ 2656-5455 %A Arida Susyetina, S.S %A Eunike Putri Chriswiyati %A Suprianus Lase %D 2022 %F katalog:9327 %I Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Katolik Soegijapranata %J JURNAL PATRIA %K public speaking; keterampilan; elemen pidato; garis besar pidato %N 2 %P 117-126 %T PELATIHAN PUBLIC SPEAKING UNTUK SISWA SMA BUDI UTAMA %U https://katalog.ukdw.ac.id/9327/ %V 4 %X Pelatihan Public Speaking ini merupakan bagian dari Profesional Teaching Program yang diselenggarakan rutin oleh SMA Budi Utama untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para siswa dalam berbicara menggunakan bahasa Inggris di depan umum. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai: 1) manfaat keterampilan berbicara di depan umum; 2) ekspresi wajah, bahasa tubuh, suara, dan dinamika berpidato; 3) faktor budaya, psikologis, dan komunikasi yang mempengaruhi keterampilan berbicara; dan 4) pengetahuan mengenai elemen pidato dan keterampilan menyusun garis besar pidato. Metode kegiatan PkM ini adalah pelatihan yang diawali dengan tes awal, ceramah, tanya jawab, diskusi, simulasi, dan tes akhir. Tes awal dan tes akhir dilakukan dengan menggunakan Quizizz dan kegiatan pelatihan diakhiri dengan penyampaian laporan hasil tes akhir kepada guru dan sekolah sebagai acuan pelatihan selanjutnya. Hasil tes akhir menunjukkan adanya: 1) minat yang tinggi untuk meningkatkan keterampilan berbicara menggunakan bahasa Inggris di depan umum dan peningkatan pengetahuan tentang manfaat memiliki keterampilan public speaking; 2) peningkatan pengetahuan tentang ekspresi wajah, bahasa tubuh, suara dan dinamika berpidato; 3) peningkatan kesadaran akan pentingnya pemahaman komunikasi lintas budaya sebagai bagian dari faktor budaya, psikologis, dan komunikasi yang berpengaruh dalam keterampilan berbicara di depan umum; dan 4) peningkatan pemahaman tentang elemen pidato dan keterampilan menyusun garis besar pidato yang ditunjukkan di akhir pelatihan ketika para peserta mampu menyusun garis besar pidato yang runtut dan menyampaikan pidato dengan lebih percaya diri yang nampak dari ekspresi wajah, bahasa tubuh, suara, dan dinamika berpidato.