TY - JOUR TI - EVALUASI DAN PERANCANGAN ANTARMUKA APLIKASI PELAYANAN KESEHATAN MOBILE BAGI LANSIA ID - katalog9299 PB - Universitas Kristen Duta Wacana A1 - Danny Sebastian A1 - Restyandito A1 - Amy Hewu Hawini UR - https://doi.org/10.21460/jutei.2022.62.213 SN - 2579-3675 AV - public N2 - Antarmuka merupakan suatu hal yang sangat penting bagi suatu sistem maupun aplikasi, karena antarmuka merupakan sebuah perantara yang menghubungkan pengguna langsung dengan teknologi. Antarmuka yang mudah menjadikan pengguna terampil ketika menggunakan suatu sistem atau aplikasi, terutama pada golongan lansia agar tidak menjadi golongan yang terpinggirkan dalam era teknologi. mobile JKN merupakan aplikasi yang dikembangkan dan dikelola oleh pemerintah yang berfokus pada pelayanan masyarakat yaitu BPJS yang dialih bentuk dari sistem kegiatan administrasi yang dilakukan di Kantor cabang atau pusat ke dalam sebuah aplikasi. Penelitian ini berfokus pada perancangan antarmuka aplikasi mobile JKN bagi golongan lansia dengan studi kasus yang mengacu pada antarmuka aplikasi mobile JKN v2.11.0, dimana berdasarkan hasil usability yang telah dilakukan kepada golongan lansia, mobile JKN belum user friendly seperti antarmuka yang terlalu kompleks, ikon dan tulisan yang terlalu kecil, dan navigasi yang mendalam sehingga antarmuka aplikasi belum optimal bagi golongan lansia. Maka dari itu dibuatlah rekomendasi desain antarmuka aplikasi mobile JKN yang sesuai dengan karakteristik golongan lansia menggunakan pedoman para ahli sehingga menghasilkan antarmuka dengan tata letak menu gridview dan listview dengan dropdown, huruf tebal dan kapital dengan ukuran 16 sp dan 20 sp, kemudian menggunakan ikon 3 dimensi dengan cardview berukuran 90 dp berketerangan. Usability testing yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan prinsip ISO 9241-11 yaitu effectiveness, efficiency, dan satisfaction. Hasil akhir tersebut mengalami peningkatan yang cukup signifikan yaitu rata-rata effectiveness menggunakan completion rate meningkat 130%. Rata-rata nilai akhir efficiency menggunakan overall relative efficiency meningkat 182%, dan rata-rata nilai akhir satisfaction menggunakan metode system usability scale (SUS) meningkat 46%. VL - 6 Y1 - 2022/10/31/ EP - 119 JF - Jurnal Terapan Teknologi Informasi IS - 2 KW - mobile JKN; lansia; antarmuka; ISO 9241-11 SP - 111 ER -