eprintid: 9292 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 2098 dir: disk0/00/00/92/92 datestamp: 2024-09-19 06:48:16 lastmod: 2024-09-19 06:48:17 status_changed: 2024-09-19 06:48:16 type: article metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: , Kristian Oentoro creators_name: , Sita Yuliastuti Amijaya creators_name: , Wiyatiningsih creators_id: 0510108801 creators_id: 0509077601 creators_id: 0529037102 title: DESAIN BRAND KAMPUNG WISATA KOTA YOGYAKARTA UNTUK MENDUKUNG DAYA TARIK WISATA SEPEDA ispublished: pub subjects: NC divisions: fak_arde full_text_status: public keywords: Brand, Kampung Wisata, Wisata Sepeda, Yogyakarta abstract: Kampung wisata di Kota Yogyakarta merupakan alternatif destinasi wisata yang menawarkan berbagai keunikan berbasis potensi lokal di 17 kampung wisata yang terdaftar pada Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta. Wisata merupakan peluang pariwisata di era new normal yang dikembangkan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta melalui pengembangan lima jalur sepeda wisata. Desain brand kampung wisata bertujuan untuk mendukung daya tarik wisata sepeda. Desain brand kampung wisata Kota Yogyakarta menggunakan metode desain Collaborative Destination Branding melalui proses studi awal, tahap perumusan arah branding, serta tahap perancangan desain branding. Hasil identifikasi menunjukan bahwa brand essence kampung wisata Kota Yogyakarta dirumuskan pada 3 kata kunci, yaitu: budaya, edukasi, dan keramahtamahan. Selain itu, identifikasi visual menunjukan warna ikonik kampung wisata adalah hijau, kuning, dan merah, sedangkan bentuk ikoniknya adalah Prajurit Kraton Yogyakarta (Bregada). Penerapan dari brand essence juga terdapat pada slogan dalam Bahasa Jawa, seperti ndherek langkung dan monggo pinarak yang mendukung keramahtamahan dalam kegiatan wisata sepeda di perkampungan. Perancangan brand kampung wisata Kota Yogyakarta telah diterapkan pada produk merchandise wisata sepeda seperti kaos pesepeda (jersey), tas serut, dan botol minum. Evaluasi bersama stakeholders menghasilkan penilaian dalam kategori baik sekali dan mampu merepresentasikan keunikan kampung wisata Kota Yogyakarta. date: 2024-06-16 publication: Andharupa: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia volume: 8 number: 3 publisher: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro pagerange: 324-338 id_number: doi:10.33633/andharupa.v8i3.5709 refereed: TRUE issn: 2477-3913 official_url: https://doi.org/10.33633/andharupa.v8i3.5709 funders: kristian@staff.ukdw.ac.id citation: Kristian Oentoro and Sita Yuliastuti Amijaya and Wiyatiningsih (2024) DESAIN BRAND KAMPUNG WISATA KOTA YOGYAKARTA UNTUK MENDUKUNG DAYA TARIK WISATA SEPEDA. Andharupa: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 8 (3). pp. 324-338. ISSN 2477-3913 document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/9292/1/Desain%20Brand%20Kampung%20Wisata%20Kota%20Yogyakarta%20Untuk%20Mendukung%20Daya%20Tarik%20Wisata%20Sepeda.pdf