TY - JOUR PB - Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro A1 - Kristian Oentoro A1 - Sita Yuliastuti Amijaya A1 - Wiyatiningsih EP - 338 N2 - Kampung wisata di Kota Yogyakarta merupakan alternatif destinasi wisata yang menawarkan berbagai keunikan berbasis potensi lokal di 17 kampung wisata yang terdaftar pada Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta. Wisata merupakan peluang pariwisata di era new normal yang dikembangkan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta melalui pengembangan lima jalur sepeda wisata. Desain brand kampung wisata bertujuan untuk mendukung daya tarik wisata sepeda. Desain brand kampung wisata Kota Yogyakarta menggunakan metode desain Collaborative Destination Branding melalui proses studi awal, tahap perumusan arah branding, serta tahap perancangan desain branding. Hasil identifikasi menunjukan bahwa brand essence kampung wisata Kota Yogyakarta dirumuskan pada 3 kata kunci, yaitu: budaya, edukasi, dan keramahtamahan. Selain itu, identifikasi visual menunjukan warna ikonik kampung wisata adalah hijau, kuning, dan merah, sedangkan bentuk ikoniknya adalah Prajurit Kraton Yogyakarta (Bregada). Penerapan dari brand essence juga terdapat pada slogan dalam Bahasa Jawa, seperti ndherek langkung dan monggo pinarak yang mendukung keramahtamahan dalam kegiatan wisata sepeda di perkampungan. Perancangan brand kampung wisata Kota Yogyakarta telah diterapkan pada produk merchandise wisata sepeda seperti kaos pesepeda (jersey), tas serut, dan botol minum. Evaluasi bersama stakeholders menghasilkan penilaian dalam kategori baik sekali dan mampu merepresentasikan keunikan kampung wisata Kota Yogyakarta. AV - public VL - 8 SP - 324 KW - Brand KW - Kampung Wisata KW - Wisata Sepeda KW - Yogyakarta JF - Andharupa: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia UR - https://doi.org/10.33633/andharupa.v8i3.5709 ID - katalog9292 SN - 2477-3913 Y1 - 2024/06/16/ TI - DESAIN BRAND KAMPUNG WISATA KOTA YOGYAKARTA UNTUK MENDUKUNG DAYA TARIK WISATA SEPEDA IS - 3 ER -