@article{katalog9292, pages = {324--338}, year = {2024}, title = {DESAIN BRAND KAMPUNG WISATA KOTA YOGYAKARTA UNTUK MENDUKUNG DAYA TARIK WISATA SEPEDA}, journal = {Andharupa: Jurnal Desain Komunikasi Visual \& Multimedia}, publisher = {Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro}, author = {Kristian Oentoro and Sita Yuliastuti Amijaya and Wiyatiningsih}, volume = {8}, number = {3}, month = {June}, keywords = {Brand, Kampung Wisata, Wisata Sepeda, Yogyakarta}, abstract = {Kampung wisata di Kota Yogyakarta merupakan alternatif destinasi wisata yang menawarkan berbagai keunikan berbasis potensi lokal di 17 kampung wisata yang terdaftar pada Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta. Wisata merupakan peluang pariwisata di era new normal yang dikembangkan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta melalui pengembangan lima jalur sepeda wisata. Desain brand kampung wisata bertujuan untuk mendukung daya tarik wisata sepeda. Desain brand kampung wisata Kota Yogyakarta menggunakan metode desain Collaborative Destination Branding melalui proses studi awal, tahap perumusan arah branding, serta tahap perancangan desain branding. Hasil identifikasi menunjukan bahwa brand essence kampung wisata Kota Yogyakarta dirumuskan pada 3 kata kunci, yaitu: budaya, edukasi, dan keramahtamahan. Selain itu, identifikasi visual menunjukan warna ikonik kampung wisata adalah hijau, kuning, dan merah, sedangkan bentuk ikoniknya adalah Prajurit Kraton Yogyakarta (Bregada). Penerapan dari brand essence juga terdapat pada slogan dalam Bahasa Jawa, seperti ndherek langkung dan monggo pinarak yang mendukung keramahtamahan dalam kegiatan wisata sepeda di perkampungan. Perancangan brand kampung wisata Kota Yogyakarta telah diterapkan pada produk merchandise wisata sepeda seperti kaos pesepeda (jersey), tas serut, dan botol minum. Evaluasi bersama stakeholders menghasilkan penilaian dalam kategori baik sekali dan mampu merepresentasikan keunikan kampung wisata Kota Yogyakarta.}, url = {https://katalog.ukdw.ac.id/9292/} }