eprintid: 9212 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 2098 dir: disk0/00/00/92/12 datestamp: 2024-09-13 03:22:47 lastmod: 2024-09-13 03:22:47 status_changed: 2024-09-13 03:22:47 type: article metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: , Wilson Nasumi Mili creators_name: , Christy Mahendra creators_name: , Romanus Edy Prabowo title: GAMIFIKASI DALAM PENDIDIKAN STEM: TRANSFORMASI PEMBELAJARAN DAN PEMBERDAYAAN SISWA MENUJU INDUSTRI 5.0 ispublished: pub subjects: QA76 subjects: T1 divisions: ar_ukdw full_text_status: public keywords: Gamifikasi, STEM, SUS, Fisika abstract: Industri 4.0 menuntut siswa untuk berpikir kritis dan inovatif melalui pemanfaatan teknologi. Di lingkup sekolah, penerapan metode gamifikasi ke dalam model pembelajaran pada STEM merupakan pendekatan bermakna dan kontekstual yang diterapkan dalam pembelajaran jarak jauh. Pada penelitian ini metode Gamifikasi diterapkan pada mata pelajaran Fisika berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) yang diujikan kepada 74 siswa dengan menggunakan metode System Usability Scale (SUS). Hasilnya, terbukti bahwa metode gamifikasi memberikan dampak positif dalam mengubah cara belajar siswa sebelum menggunakan sistem gamifikasi dibandingkan setelah menggunakan sistem gamifikasi. Penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan metode gamifikasi dalam pembelajaran berbasis aktivitas STEM secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Pada tingkat SMP, nilai pembelajaran meningkat sebesar 64%, dan pada tingkat menengah atas meningkat sebesar 76%. Penilaian metode gamifikasi dengan metode SUS menghasilkan skor positif sebesar 70,3 yang menunjukkan efektivitas yang baik. Penelitian ini menunjukkan bahwa gamifikasi merupakan metode yang efektif dan menarik untuk pembelajaran jarak jauh. date: 2023-11-28 publication: Inovasi Pendidikan Fisika volume: 12 number: 3 publisher: INOVASI PENDIDIKAN FISIKA pagerange: 92-100 id_number: doi:10.26740/ipf.v12n3.p92-100 refereed: TRUE issn: 2830-3881 official_url: https://doi.org/10.26740/ipf.v12n3.p92-100 funders: chrisma@stikomyos.ac.id citation: Wilson Nasumi Mili and Christy Mahendra and Romanus Edy Prabowo (2023) GAMIFIKASI DALAM PENDIDIKAN STEM: TRANSFORMASI PEMBELAJARAN DAN PEMBERDAYAAN SISWA MENUJU INDUSTRI 5.0. Inovasi Pendidikan Fisika, 12 (3). pp. 92-100. ISSN 2830-3881 document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/9212/1/Gamifikasi%20dalam%20Pendidikan%20STEM.pdf