eprintid: 9181 rev_number: 16 eprint_status: archive userid: 2098 dir: disk0/00/00/91/81 datestamp: 2024-09-12 05:35:51 lastmod: 2024-09-12 05:35:51 status_changed: 2024-09-12 05:35:51 type: article metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: , Wilson Nasumi Mili creators_name: , Christy Mahendra creators_name: , Bergitta Dwi Annawati title: ADVANCING SCIENCE EDUCATION AND DEVELOPMENT THROUGH GAMIFIED MOBILE APP FOR JUNIOR HIGH SCHOOL PHYSICS LEARNING ispublished: pub subjects: QA76 divisions: ar_ukdw full_text_status: public keywords: Gamifikasi, Pembelajaran Fisika, Hadiah, N-Gain Score abstract: Pesatnya pertumbuhan industri game membawa dampak pada segala bidang, salah satunya pada bidang pendidikan. Dalam dunia pendidikan, gamifikasi memberikan manfaat sebagai alat yang dapat memotivasi siswa. Gamifikasi menawarkan mata pelajaran yang kompleks seperti fisika sebagai pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan. Kesalahpahaman sering terjadi dalam pendidikan fisika sehingga berdampak baik bagi siswa maupun guru. Metode pengajaran tradisional dapat menimbulkan kesalahpahaman sehingga menurunkan minat belajar siswa. Pada penelitian ini, Gamifikasi bertujuan untuk mengatasi tantangan tersebut dengan meningkatkan minat siswa dalam mempelajari mata pelajaran fisika. Kebaruan pada penelitian ini terletak pada penggunaan aplikasi pembelajaran berbasis gamifikasi dengan menggunakan unsur badge, level, ranking, dan rewards. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dari hasil pre-test dan post-test sebanyak 40 siswa. Data tersebut kemudian diolah menggunakan metode N-Gain untuk mengetahui perbedaan hasil belajar menggunakan aplikasi gamifikasi dan pembelajaran tradisional. Hasil uji N-Gain menunjukkan pembelajaran gamifikasi memperoleh skor 40,59, sedangkan pembelajaran tradisional memperoleh skor 23,64. Dari perbandingan N-Gain yang ada dapat dibuktikan bahwa pembelajaran Gamifikasi efektif dalam mendorong keterlibatan dan pemahaman siswa dalam pendidikan fisika. date: 2023-11-28 publication: INOVASI PENDIDIKAN FISIKA volume: 12 number: 3 publisher: INOVASI PENDIDIKAN FISIKA pagerange: 101-110 refereed: TRUE issn: 2830-3881 official_url: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika funders: wilson@staff.ukdw.ac.id citation: Wilson Nasumi Mili and Christy Mahendra and Bergitta Dwi Annawati (2023) ADVANCING SCIENCE EDUCATION AND DEVELOPMENT THROUGH GAMIFIED MOBILE APP FOR JUNIOR HIGH SCHOOL PHYSICS LEARNING. INOVASI PENDIDIKAN FISIKA, 12 (3). pp. 101-110. ISSN 2830-3881 document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/9181/1/Advancing%20Science%20Education%20and%20Development.pdf