eprintid: 9116 rev_number: 6 eprint_status: archive userid: 11 dir: disk0/00/00/91/16 datestamp: 2024-09-06 03:29:37 lastmod: 2024-09-06 03:29:37 status_changed: 2024-09-06 03:29:37 type: article metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: , Paulus Widiatmoko creators_name: , Ignatius Tri Endarto creators_name: , Fransisca Endang Lestariningsih creators_id: 0518117701 creators_id: 0521039101 title: PELATIHAN PERANCANGAN BLENDED DAN FLIPPED LEARNING BAGI PARA GURU SMP PANGUDI LUHUR MOYUDAN, SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: LC5201 divisions: fak_bing full_text_status: public keywords: blended learning, flipped learning, PJJ abstract: Perubahan kebijakan belajar mengajar di masa Pandemi COVID-19 membuat guru harus melakukan penyesuaian metode, bahan dan media ajar, serta evaluasi hasil belajar. Para guru yang tidak siap baik secara pedagogi maupun secara teknis pembelajaran jarak jauh mengalami berbagai kesulitan dalam hal perancangan skenario pengajaran, pelaksanaan pembelajaran berbasis teknologi, maupun evaluasi hasil belajar. Program pengabdian masyarakat ini menyajikan sebuah rangkaian analisa kebutuhan, kegiatan pelatihan, dan evaluasi serta rencana tindak lanjut bagi para guru sebuah SMP swasta di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Data kebutuhan para guru diperoleh melalui kuesioner daring dimana sebagian besar peserta menyatakan perspektif yang positif terhadap teknologi informasi dan komunkasi (TIK), percaya terhadap manfaat TIK demi efektifitas pembelajaran, dan keyakinan potensi TIK bisa membuat pembelajaran lebih menarik. Kebutuhan program-program penunjang pembelajaran jarak jauh juga diperoleh melalui kuesioner ini. Dalam pelaksanaannya, pelatihan ini dilaksanakan secara daring dengan skenario Flipped Learning dimana materi diberikan beberapa hari sebelumnya dan review serta diskusi dilaksanakan pada sesi pelatihan. Rancangan skenario pembelajaran menjadi luaran pelatihan. Rancangan tersebut dipaparkan oleh para peserta dan dilanjutkan secara mandiri dengan supervisi kepala sekolah. Dalam kuesioner evaluasi tanggapan yang positif dan kebutuhan pelatihan lanjutan disampaikan oleh para guru. date: 2022 publication: Patria : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat volume: 4 number: 2 publisher: Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Katolik Soegijapranata pagerange: 106-116 id_number: doi:10.24167/patria.v4i2.4079 refereed: TRUE issn: 2656-5455 official_url: https://doi.org/10.24167/patria.v4i2.4079 funders: widiatmoko@staff.ukdw.ac.id citation: Paulus Widiatmoko and Ignatius Tri Endarto and Fransisca Endang Lestariningsih (2022) PELATIHAN PERANCANGAN BLENDED DAN FLIPPED LEARNING BAGI PARA GURU SMP PANGUDI LUHUR MOYUDAN, SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Patria : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4 (2). pp. 106-116. ISSN 2656-5455 document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/9116/1/Pelatihan%20Perancangan%20Blended%20dan%20Flipped%20Learning.pdf