eprintid: 9061 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 2098 dir: disk0/00/00/90/61 datestamp: 2024-09-03 07:54:10 lastmod: 2024-09-03 07:54:10 status_changed: 2024-09-03 07:54:10 type: article metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: , Matahari Bhakti Nendya creators_name: , Budi Susanto creators_name: , Gabriel Indra Widi Tamtama creators_name: , Timotius Johan Wijaya creators_id: 0511057301 creators_id: 0502049501 creators_id: 71180272 title: DESAIN LEVEL BERBASIS STORYBOARD PADA PERANCANGAN GAME EDUKASI AUGMENTED REALITY TAP THE TRASH ispublished: pub subjects: NC subjects: QA76 subjects: T1 divisions: ar_non_ukdw full_text_status: public keywords: level desain, storyboard, game, augmented reality, fluter, ARCore abstract: Desain level merupakan sebuah proses dimana membuat pengalaman bermain yang menarik bagi pemain. Desain level mengkombinasikan berbagai macam elemen yang berupa level, mekanik, grafik dan suara. berbagai macam teknik desain level telah dikembangkan dan diimplementasikan dalam game baik 2D maupun 3D. Penelitian ini mencoba mengimplementasikan desain level pada game berbasis augmented reality. Dalam penyusunan level digunakan teknik storyboard yang umumnya dipakai dalam industri film dan televisi. Desain storyboard mengacu pada model storyboard experimental dimana model ini digunakan untuk memberikan perintah pada obyek tertentu. Hasil yang didapatkan model storyboard dapat diimplementasikan pada game dengan menggunakan flutter dan ARCore. Hasil pengujiannya menandakan adanya dinamika level dimana semakin tinggi levelnya maka player akan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan objective game. date: 2023-05-11 date_type: published publication: Fountain of Informatics Journal volume: 8 number: 1 publisher: Universitas Darussalam Gontor pagerange: 1-6 id_number: doi:10.21111/fij.v8i1.8836 refereed: TRUE issn: 25414313 official_url: https://doi.org/10.21111/fij.v8i1.8836 funders: didanendya@staff.ukdw.ac.id citation: Matahari Bhakti Nendya and Budi Susanto and Gabriel Indra Widi Tamtama and Timotius Johan Wijaya (2023) DESAIN LEVEL BERBASIS STORYBOARD PADA PERANCANGAN GAME EDUKASI AUGMENTED REALITY TAP THE TRASH. Fountain of Informatics Journal, 8 (1). pp. 1-6. ISSN 25414313 document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/9061/1/Desain%20Level%20Berbasis%20Storyboard.pdf