TY - JOUR A1 - Matahari Bhakti Nendya A1 - Budi Susanto A1 - Gabriel Indra Widi Tamtama A1 - Timotius Johan Wijaya PB - Universitas Darussalam Gontor N2 - Desain level merupakan sebuah proses dimana membuat pengalaman bermain yang menarik bagi pemain. Desain level mengkombinasikan berbagai macam elemen yang berupa level, mekanik, grafik dan suara. berbagai macam teknik desain level telah dikembangkan dan diimplementasikan dalam game baik 2D maupun 3D. Penelitian ini mencoba mengimplementasikan desain level pada game berbasis augmented reality. Dalam penyusunan level digunakan teknik storyboard yang umumnya dipakai dalam industri film dan televisi. Desain storyboard mengacu pada model storyboard experimental dimana model ini digunakan untuk memberikan perintah pada obyek tertentu. Hasil yang didapatkan model storyboard dapat diimplementasikan pada game dengan menggunakan flutter dan ARCore. Hasil pengujiannya menandakan adanya dinamika level dimana semakin tinggi levelnya maka player akan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan objective game. EP - 6 JF - Fountain of Informatics Journal VL - 8 SP - 1 KW - level desain KW - storyboard KW - game KW - augmented reality KW - fluter KW - ARCore AV - public IS - 1 TI - DESAIN LEVEL BERBASIS STORYBOARD PADA PERANCANGAN GAME EDUKASI AUGMENTED REALITY TAP THE TRASH ID - katalog9061 Y1 - 2023/05/11/ SN - 25414313 UR - https://doi.org/10.21111/fij.v8i1.8836 ER -