relation: https://katalog.ukdw.ac.id/8963/ title: ANALISIS HUBUNGAN KEMAMPUAN DASAR BAHASA INGGRIS TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA STUDI KASUS: MAHASISWA UKDW creator: Friska F. Nainggolan subject: L Pendidikan (Umum) subject: QA76 Perangkat Lunak (Software) Komputer subject: T Teknologi (Umum) description: Era globalisasi menuntut mahasiswa terampil dalam bidang komunikasi, yang salah satunya adalah terampil dalam berbahasa Inggris. Melalui program wajib Introduction to College English (ICE), Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) melatih keterampilan berbahasa Inggris mahasiswa. Penelitian ini dilakukan untuk menguji apakah ada pengaruh kemampuan dasar bahasa Inggris terhadap prestasi mahasiswa UKDW di semester pertama perkuliahan. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa UKDW dari angkatan 2017 sampai 2021 sebanyak 4.261 mahasiswa. Data dianalisis menggunakan uji ANOVA One Way dan uji T-Test Pairwise. Hasil uji ANOVA menunjukkan p-value (0,000%) < α (5%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum ada perbedaan kemampuan dasar Bahasa Inggris yang signifikan dengan prestasi akademik mahasiswa UKDW. Kemampuan dasar bahasa Inggris paling berpengaruh terhadap prestasi akademik mahasiswa Program Studi Informatika dengan p-value di setiap angkatan antara 0,000%-0,04%. Tetapi signifikansi pengaruh tidak terjadi pada mahasiswa Program Studi Filsafat Keilahian dengan p-value di setiap angkatan antara 6,60% - 98,53%. Hasil uji T-Test Pairwise menunjukkan perbedaan signifikan antar level ICE terjadi pada pasangan level 1-2 dan 1-3. date: 2024-07-27 type: Student paper type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://katalog.ukdw.ac.id/8963/1/72170157_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf format: text language: id identifier: https://katalog.ukdw.ac.id/8963/2/72170157_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf identifier: Friska F. Nainggolan (2024) ANALISIS HUBUNGAN KEMAMPUAN DASAR BAHASA INGGRIS TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA STUDI KASUS: MAHASISWA UKDW. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.