%A Jonathan Hendy Sinarto %D 2024 %X Perkembangan era digital dan teknologi di Indonesia sudah semakin maju, salah satunya ada di bidang Food and Beverage (F&B). Kafetaria merupakan foodcourt di wilayah kampus Universitas Kristen Duta Wacana yang menyediakan berbagai makanan dan minuman bagi mahasiswa maupun karyawan di lingkungan kampus. Saat ini pemesanan di Kafetaria masih dilakukan secara manual, hal ini menimbulkan kendala menumpuknya antrean dan lamanya waktu pemesanan yang dapat menghambat proses bisnis. Oleh karena itu dilakukan lah perancangan aplikasi E-Kafet berbasis website guna menjadi solusi atas permasalahan tersebut. Sistem aplikasi E-Kafet berbasis website yang dikembangkan menggunakan metode Waterfall dan pengujian menggunakan usability testing yang meliputi efektivitas, efisiensi dan kepuasan. Hasil dari pengujian didapatkan nilai efektivitas sebesar 100% untuk pembeli dan 97,50% untuk penjual yang dapat dikategorikan sangat baik yang berarti aplikasi ini mudah untuk digunakan. Kemudian pada pengujian efisiensi mendapat nilai rata-rata 0,139 goal/sec atau 7,19 detik, dan responden penjual mendapatkan rata-rata 0,104 goal/sec atau 9,61 detik. Pengujian terakhir adalah kepuasan yang mendapat nilai 87,9 yang berarti website ini diterima dan dapat dipahami pengguna %I Universitas Kristen Duta Wacana %L katalog8932 %K Waterfall, Usability Testing, Aplikasi, E-Kafet %T PERANCANGAN APLIKASI E-KAFET BERBASIS WEBSITE