eprintid: 8779 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 11 dir: disk0/00/00/87/79 datestamp: 2024-08-15 03:47:43 lastmod: 2024-08-15 03:47:43 status_changed: 2024-08-15 03:47:43 type: monograph metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: , Matahari Bhakti Nendya creators_name: , Budi Susanto creators_name: , Gabriel Indra Widi Tamtama creators_id: 0502078802 creators_id: 0511057301 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/RTM contributors_name: , Timotius Johan Wijaya title: PENGEMBANGAN PERMAINAN DIGITAL EDUKATIF BERBASIS AUGMENTED REALITY ispublished: unpub subjects: QA76 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted monograph_type: project_report keywords: permainan digital, edukasi, augmented reality, pendidikan karakter, kebersihan lingkungan abstract: Perkembangan permainan digital dalam beberapa tahun ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Peningkatan ini mengakibatkan banyaknya sorotan mengenai permainan digital dari berbagai macam pihak. Satu pihak melihat permainan digital dari sisi positif dan yang lain melihat permainan digital dari sisi negatif. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) melarang beberapa permainan digital terkenal untuk dimainkan di Indonesia karena mengandung konten yang tidak sesuai untuk anak. Keadaan ini juga semakin diperparah dengan kurang variatifnya produk permainan digital yang ada dipasaran. Kurangnya tipe permainan digital dengan model edukasi ini menjadi salah satu alasan banyaknya pengguna permainan digital untuk mengakses permainan digital dengan tema lain. Permainan digital dengan tema aksi menjadi lebih banyak pemainnya, sehingga para pengembang permainan digital tentunya lebih memilih untuk mengembangkan permainan digital dengan tema aksi daripada mengembangkan permainan digital dengan tema edukasi. Pengembangan permainan digital dengan tema edukasi masih berkutat dengan model pembelajaran yang dibentuk dalam mode digital seperti multimedia interaktif dengan model instruksional. Bentuk instruksional ini kurang memberikan sisi imersif pada pemain. Pengembangan aplikasi permainan berbasis augmented reality yang akan dikembangkan melalui model penelitian ini diharapkan dapat memberikan model edukasi alternatif mengenai pendidikan karakter khususnya kepedulian terhadap kebersihan lingkungan. Penggunaan augmented reality diharapkan dapat meningkatkan aspek imersif sehingga pemain secara langsung akan mendapatkan pengalaman bermain secara langsung dengan model partisipasi peran date: 2022-11-02 publisher: Program Studi Informatika, Universitas Kristen Duta Wacana place_of_pub: Yogyakarta institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika referencetext: Boutsi, A. M., Ioannidis, C., & Soile, S. (2019). Hybrid mobile augmented reality: Web-like concepts applied to high resolution 3D overlays. International Archives of the Photogrammetry, Remote Sensing and Spatial Information Sciences - ISPRS Archives, 42(2/W17), 85–92. https://doi.org/10.5194/isprs-archives-XLII-2-W17-85-2019 Brooke, J. (2013). SUS: A Retrospective. Journal of Usability Studies, 8(2), 29–40. Garbage, M. J. (2018, June 13). Top 4 open source augmented reality SDKs. Haq, N. M. (2020). AUGMENTED REALITY SEJARAH PAHLAWAN PADA UANG KERTAS RUPIAH DENGAN TEKNOLOGI FACIAL MOTION CAPTURE BERBASIS ANDROID. In Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA) (Vol. 1, Issue 1). http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika Kim, S. L., Suk, H. J., Kang, J. H., Jung, J. M., Laine, T. H., & Westlin, J. (2014). Using Unity 3D to facilitate mobile augmented reality game development. 2014 IEEE World Forum on Internet of Things, WF-IoT 2014, 21–26. https://doi.org/10.1109/WFIoT.2014.6803110 KPAI. (2015, June 4). KPAI Nyatakan 8 Game Online Berbahaya Bagi Anak. https://www.kpai.go.id/publikasi/kpai-nyatakan-8-game-online-berbahaya-bagi-a funders: didanendya@staff.ukdw.ac.id citation: Matahari Bhakti Nendya and Budi Susanto and Gabriel Indra Widi Tamtama (2022) PENGEMBANGAN PERMAINAN DIGITAL EDUKATIF BERBASIS AUGMENTED REALITY. Research Report (Lecturer). Program Studi Informatika, Universitas Kristen Duta Wacana, Yogyakarta. (Unpublished) document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/8779/1/291_PENDAHULUAN_KESMPULAN.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/8779/2/291_FULLTEXT.pdf