TY - UNPB KW - Pengembangan desain merchandise pendukung branding kampung wisata Kota Yogyakarta yang menggunakan metode desain partisipatif telah menghasilkan 6 paket (bundle) desain produk berbasis pada penerapan desain motif dengan nuansa lokal kampung wisata. Desain motif lokal kampung wisata ini dirancang dengan inspirasi bentuk dan warna dari elemen seni KW - budaya KW - dan ikon-ikon lokal di kampung wisata KW - seperti tari Edan-edanan KW - Puro Pakualaman KW - Taman Wijaya Brata KW - hingga Jembatan Sardjito yang sering dijumpai ketika berkunjung di kampung wisata. Tahap eksplorasi melalui kunjungan dan wawancara telah mengidentifikasi beragam potensi UMKM lokal seperti kerajinan kain batik KW - kerajinan tas KW - kerajinan blangkon KW - dan kerajinan lokal lainnya di kampung wisata. Sedangkan tahap analisis telah memetakan beberapa alternatif strategi kolaborasi menggunakan metode SWOT. PB - Program Studi Desain Produk, Universitas Kristen Duta Wacana TI - INOVASI PRODUK UMKM KERAJINAN LOKAL SEBAGAI MERCHANDISE PENDUKUNG BRANDING KAMPUNG WISATA KOTA YOGYAKARTA N2 - Pengembangan desain merchandise pendukung branding kampung wisata Kota Yogyakarta yang menggunakan metode desain partisipatif telah menghasilkan 6 paket (bundle) desain produk berbasis pada penerapan desain motif dengan nuansa lokal kampung wisata. Desain motif lokal kampung wisata ini dirancang dengan inspirasi bentuk dan warna dari elemen seni, budaya, dan ikon-ikon lokal di kampung wisata, seperti tari Edan-edanan, Puro Pakualaman, Taman Wijaya Brata, hingga Jembatan Sardjito yang sering dijumpai ketika berkunjung di kampung wisata. Tahap eksplorasi melalui kunjungan dan wawancara telah mengidentifikasi beragam potensi UMKM lokal seperti kerajinan kain batik, kerajinan tas, kerajinan blangkon, dan kerajinan lokal lainnya di kampung wisata. Sedangkan tahap analisis telah memetakan beberapa alternatif strategi kolaborasi menggunakan metode SWOT. Pengembangan desain merchandise pendukung branding kampung wisata Kota Yogyakarta yang menggunakan metode desain partisipatif telah menghasilkan 6 paket (bundle) desain produk berbasis pada penerapan desain motif dengan nuansa lokal kampung wisata. Desain motif lokal kampung wisata ini dirancang dengan inspirasi bentuk dan warna dari elemen seni, budaya, dan ikon-ikon lokal di kampung wisata, seperti tari Edan-edanan, Puro Pakualaman, Taman Wijaya Brata, hingga Jembatan Sardjito yang sering dijumpai ketika berkunjung di kampung wisata. Tahap eksplorasi melalui kunjungan dan wawancara telah mengidentifikasi beragam potensi UMKM lokal seperti kerajinan kain batik, kerajinan tas, kerajinan blangkon, dan kerajinan lokal lainnya di kampung wisata. Sedangkan tahap analisis telah memetakan beberapa alternatif strategi kolaborasi menggunakan metode SWOT. UR - https://katalog.ukdw.ac.id/8761/ CY - Yogyakarta ID - katalog8761 Y1 - 2022/11/07/ AV - restricted A1 - Kristian Oentoro A1 - Wiyatiningsih M1 - project_report ER -