@unpublished{katalog8761, title = {INOVASI PRODUK UMKM KERAJINAN LOKAL SEBAGAI MERCHANDISE PENDUKUNG BRANDING KAMPUNG WISATA KOTA YOGYAKARTA}, type = {Research Report (Lecturer)}, publisher = {Program Studi Desain Produk, Universitas Kristen Duta Wacana}, year = {2022}, author = {Kristian Oentoro and Wiyatiningsih}, institution = {Universitas Kristen Duta Wacana}, month = {November}, address = {Yogyakarta}, keywords = {Pengembangan desain merchandise pendukung branding kampung wisata Kota Yogyakarta yang menggunakan metode desain partisipatif telah menghasilkan 6 paket (bundle) desain produk berbasis pada penerapan desain motif dengan nuansa lokal kampung wisata. Desain motif lokal kampung wisata ini dirancang dengan inspirasi bentuk dan warna dari elemen seni, budaya, dan ikon-ikon lokal di kampung wisata, seperti tari Edan-edanan, Puro Pakualaman, Taman Wijaya Brata, hingga Jembatan Sardjito yang sering dijumpai ketika berkunjung di kampung wisata. Tahap eksplorasi melalui kunjungan dan wawancara telah mengidentifikasi beragam potensi UMKM lokal seperti kerajinan kain batik, kerajinan tas, kerajinan blangkon, dan kerajinan lokal lainnya di kampung wisata. Sedangkan tahap analisis telah memetakan beberapa alternatif strategi kolaborasi menggunakan metode SWOT.}, abstract = {Pengembangan desain merchandise pendukung branding kampung wisata Kota Yogyakarta yang menggunakan metode desain partisipatif telah menghasilkan 6 paket (bundle) desain produk berbasis pada penerapan desain motif dengan nuansa lokal kampung wisata. Desain motif lokal kampung wisata ini dirancang dengan inspirasi bentuk dan warna dari elemen seni, budaya, dan ikon-ikon lokal di kampung wisata, seperti tari Edan-edanan, Puro Pakualaman, Taman Wijaya Brata, hingga Jembatan Sardjito yang sering dijumpai ketika berkunjung di kampung wisata. Tahap eksplorasi melalui kunjungan dan wawancara telah mengidentifikasi beragam potensi UMKM lokal seperti kerajinan kain batik, kerajinan tas, kerajinan blangkon, dan kerajinan lokal lainnya di kampung wisata. Sedangkan tahap analisis telah memetakan beberapa alternatif strategi kolaborasi menggunakan metode SWOT. Pengembangan desain merchandise pendukung branding kampung wisata Kota Yogyakarta yang menggunakan metode desain partisipatif telah menghasilkan 6 paket (bundle) desain produk berbasis pada penerapan desain motif dengan nuansa lokal kampung wisata. Desain motif lokal kampung wisata ini dirancang dengan inspirasi bentuk dan warna dari elemen seni, budaya, dan ikon-ikon lokal di kampung wisata, seperti tari Edan-edanan, Puro Pakualaman, Taman Wijaya Brata, hingga Jembatan Sardjito yang sering dijumpai ketika berkunjung di kampung wisata. Tahap eksplorasi melalui kunjungan dan wawancara telah mengidentifikasi beragam potensi UMKM lokal seperti kerajinan kain batik, kerajinan tas, kerajinan blangkon, dan kerajinan lokal lainnya di kampung wisata. Sedangkan tahap analisis telah memetakan beberapa alternatif strategi kolaborasi menggunakan metode SWOT.}, url = {https://katalog.ukdw.ac.id/8761/} }