eprintid: 8760 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 11 dir: disk0/00/00/87/60 datestamp: 2024-08-12 04:07:53 lastmod: 2024-08-12 04:07:53 status_changed: 2024-08-12 04:07:53 type: monograph metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: , Danny Sebastian creators_name: , Kristian Adi Nugraha creators_id: 0526118803 creators_id: 0504108901 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/RTM contributors_name: , Aldi Setiawan title: APLIKASI CHATBOT BERBASIS MOBILE UNTUK LAYANAN KONSUMEN ispublished: unpub subjects: QA75 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted monograph_type: project_report keywords: chatbot, natural language processing, BERT, IndoBERT abstract: Chatting merupakan cara komunikasi yang lebih banyak digunakan dibandingkan dengan sambungan telepon. Saat ini perusahaan dituntut memberikan layanan customer service melalui aplikasi chatting. Akan tetapi komunikasi menggunakan chatting berbeda dengan sambungan telepon, dimana komunikasi chatting dapat dilakukan secara bersamaan ke beberapa orang. Hal ini membuat layanan customer service perlu menambah sumber daya manusia untuk melayani banyaknya konsumen secara bersamaan. Chatbot merupakan teknologi yang memungkinkan adanya komunikasi antara system dengan manusia. Pada penelitian ini, penulis hendak menggunakan metode BERT pada sebuah chatbot untuk meningkatkan akurasi dari penelitian sebelumnya. dengan adanya aplikasi chatbot dapat mengurangi beban customer service oleh mitra. Mitra yang dipilih adalah bengkel sepeda motor, karena terdapat banyak pertanyaan pada proses pelayanan perbaikan sepeda motor date: 2022-11-18 publisher: Program Studi Informatika, Universitas Kristen Duta Wacana place_of_pub: Yogyakarta institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika referencetext: Albayrak, N., Ă–zdemir, A. & Zeydan, E., 2018. An overview of artificial intelligence based chatbots and an example chatbot application. Izmir, Turkey, IEEE. Devlin, J., Chang, M.-W., Lee, K. & Toutanova, K., 2018. Bert: Pre-training of deep bidirectional transformers for language understanding. arXiv preprint arXiv:1810.04805. Mohammed, A. H. & Ali, A. H., 2021. Survey of BERT (Bidirectional Encoder Representation Transformer) types. Journal of Physics: Conference Series, 1963(1). Muangkammuen, P., Intiruk, N. & Saikaew, K. R., 2018. Automated thai-faq chatbot using rnnlstm. s.l., IEEE, pp. 1-4. Nugraha, K. A. & Sebastian, D., 2021. Designing Consultation Chatbot Using Telegram API and Webhook-based NodeJS Applications. s.l., Atlantis Press. Sawant, D., Jaiswal, A., Singh, J. & Shah, P., 2019. AgriBot - An intelligent interactive interface to assist farmers in agricultural activities. Mumbai, India, IEEE. Sebastian, D. & Nugraha, K. A., 2019. Text Normalization for Indonesian Abbreviated Word Using Crowdsourcing Method. Yogyakarta, IEEE, pp. 529-532. funders: danny.sebastian@staff.ukdw.ac.id citation: Danny Sebastian and Kristian Adi Nugraha (2022) APLIKASI CHATBOT BERBASIS MOBILE UNTUK LAYANAN KONSUMEN. Research Report (Lecturer). Program Studi Informatika, Universitas Kristen Duta Wacana, Yogyakarta. (Unpublished) document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/8760/1/253_PENDAHULUAN_KESIMPULAN.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/8760/2/253_FULLTEXT.pdf