@unpublished{katalog8760, title = {APLIKASI CHATBOT BERBASIS MOBILE UNTUK LAYANAN KONSUMEN}, type = {Research Report (Lecturer)}, publisher = {Program Studi Informatika, Universitas Kristen Duta Wacana}, author = {Danny Sebastian and Kristian Adi Nugraha}, year = {2022}, month = {November}, institution = {Universitas Kristen Duta Wacana}, address = {Yogyakarta}, url = {https://katalog.ukdw.ac.id/8760/}, keywords = {chatbot, natural language processing, BERT, IndoBERT}, abstract = {Chatting merupakan cara komunikasi yang lebih banyak digunakan dibandingkan dengan sambungan telepon. Saat ini perusahaan dituntut memberikan layanan customer service melalui aplikasi chatting. Akan tetapi komunikasi menggunakan chatting berbeda dengan sambungan telepon, dimana komunikasi chatting dapat dilakukan secara bersamaan ke beberapa orang. Hal ini membuat layanan customer service perlu menambah sumber daya manusia untuk melayani banyaknya konsumen secara bersamaan. Chatbot merupakan teknologi yang memungkinkan adanya komunikasi antara system dengan manusia. Pada penelitian ini, penulis hendak menggunakan metode BERT pada sebuah chatbot untuk meningkatkan akurasi dari penelitian sebelumnya. dengan adanya aplikasi chatbot dapat mengurangi beban customer service oleh mitra. Mitra yang dipilih adalah bengkel sepeda motor, karena terdapat banyak pertanyaan pada proses pelayanan perbaikan sepeda motor} }