eprintid: 8749 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 11 dir: disk0/00/00/87/49 datestamp: 2024-08-08 03:27:46 lastmod: 2024-08-08 03:27:46 status_changed: 2024-08-08 03:27:46 type: monograph metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: , Lukas Chrisantyo creators_name: , Maria Nila Anggia Rini creators_id: 0508048302 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/RTM contributors_name: , Leonardo Randy Setiawan title: PENAMBAHAN FITUR LAYANAN PASTORAL DAN PENGUJIAN PENINGKATAN USABILITY PADA APLIKASI GEMATEN PAROKI SANTA MARIA ASSUMPTA KLATEN ispublished: unpub subjects: QA75 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted monograph_type: project_report keywords: Paroki Santa Maria Assumpta Klaten saat ini telah memiliki aplikasi “Gematen” berbasis Android untuk mendukung kebutuhan perekaman data umat, penyebaran informasi penting dari Dewan Pastoral Paroki, serta fitur QR Code yang sangat membantu untuk penjadwalan misa offline di masa pandemi Covid-19. Namun dari uji usability menggunakan standar System Usability Score (SUS), nilainya masih berada di angka 65,4 yang ekuivalen dengan grade “C”. Di luar hal tersebut, ada kebutuhan-kebutuhan lain terkait layanan pastoral yang dirasa perlu untuk dibantu oleh teknologi. Beberapa di antaranya adalah layanan minyak suci yang diberikan kepada umat yang sakit berat, layanan misa requiem yang diberikan bagi umat yang meninggal, serta layanan misa peringatan arwah. Saat ini layanan tersebut masih berjalan secara tradisional, yaitu dengan melakukan pendaftaran melalui telepon/WhatsApp ke Sekretaris Paroki dan kemudian dihubungkan ke Imam/Romo yang bisa menanggapi permintaan layanan tersebut. Berdasarkan kondisi permasalahan di atas, ada penambahan layanan pastoral secara online dimana nantinya pengguna Gematen dapat melakukan permintaan layanan melalui aplikasi Gematen. Permintaan tersebut diolah oleh admin data center yang diampu oleh Tim Sekretariat Paroki. Aplikasi baik yang versi aplikasi dasar maupun versi penambahan fitur dirancang sepenuhnya menggunakan framework Flutter dengan bahasa pemrograman Dart. Setelah aplikasi selesai dirancang, dilanjutkan dengan pengujian usability ulang untuk melihat peningkatan yang terjadi. abstract: Paroki Santa Maria Assumpta Klaten saat ini telah memiliki aplikasi “Gematen” berbasis Android untuk mendukung kebutuhan perekaman data umat, penyebaran informasi penting dari Dewan Pastoral Paroki, serta fitur QR Code yang sangat membantu untuk penjadwalan misa offline di masa pandemi Covid-19. Namun dari uji usability menggunakan standar System Usability Score (SUS), nilainya masih berada di angka 65,4 yang ekuivalen dengan grade “C”. Di luar hal tersebut, ada kebutuhan-kebutuhan lain terkait layanan pastoral yang dirasa perlu untuk dibantu oleh teknologi. Beberapa di antaranya adalah layanan minyak suci yang diberikan kepada umat yang sakit berat, layanan misa requiem yang diberikan bagi umat yang meninggal, serta layanan misa peringatan arwah. Saat ini layanan tersebut masih berjalan secara tradisional, yaitu dengan melakukan pendaftaran melalui telepon/WhatsApp ke Sekretaris Paroki dan kemudian dihubungkan ke Imam/Romo yang bisa menanggapi permintaan layanan tersebut. Berdasarkan kondisi permasalahan di atas, ada penambahan layanan pastoral secara online dimana nantinya pengguna Gematen dapat melakukan permintaan layanan melalui aplikasi Gematen. Permintaan tersebut diolah oleh admin data center yang diampu oleh Tim Sekretariat Paroki. Aplikasi baik yang versi aplikasi dasar maupun versi penambahan fitur dirancang sepenuhnya menggunakan framework Flutter dengan bahasa pemrograman Dart. Setelah aplikasi selesai dirancang, dilanjutkan dengan pengujian usability ulang untuk melihat peningkatan yang terjadi. date: 2021-10-29 publisher: Program Studi Informatika, Universitas Kristen Duta Wacana place_of_pub: Yogyakarta institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika referencetext: Brooke, J. (2013). SUS: A Restrospective. Journals of Usability Studioes, 8, 29– 40. Ependi, U., Putra, A., & Panjaitan, F. (2019). Evaluasi tingkat kebergunaan aplikasi Administrasi Penduduk menggunakan teknik System Usability Scale. Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, 5, 63–76. Esplin, C. (2016). What is Firebase? https://howtofirebase.com/what-is-firebasefcb8614ba442 Fanani, L., Ananta, M. T., & Brata, K. C. (2018). Penerapan User-Centered Design dalam Pengembangan Aplikasi Pencarian Gedung Berbasis Android. Cybernetics, 2, 225–233. Manulangga, G., & Gultom, S. (2016). Sistem Informasi Penatalayanan Jemaat Gereja HKBP Kupang Berbasis Web. Jurnal Ilmiah FLASH, 2(2), 87–91. Tullis, T. S., & Stetson, J. N. (2004). A Comparison of Questionnaires for Assessing Website Usability. Usability Professionals Association (UPA) Conference. Wu, W. (2018). React Native vs Flutter, Cross-platforms mobile application frameworks [Metropolia University of Applied Sciences]. https://www.theseus.fi/handle/10024/146232 funders: lukaschris@staff.ukdw.ac.id citation: Lukas Chrisantyo and Maria Nila Anggia Rini (2021) PENAMBAHAN FITUR LAYANAN PASTORAL DAN PENGUJIAN PENINGKATAN USABILITY PADA APLIKASI GEMATEN PAROKI SANTA MARIA ASSUMPTA KLATEN. Research Report (Lecturer). Program Studi Informatika, Universitas Kristen Duta Wacana, Yogyakarta. (Unpublished) document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/8749/1/134E365_PENDAHULUAN_KESIMPULAN_DAFTARPUSTAKA.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/8749/2/134E365_FULLTEXT.pdf