TY - UNPB UR - https://katalog.ukdw.ac.id/8749/ TI - PENAMBAHAN FITUR LAYANAN PASTORAL DAN PENGUJIAN PENINGKATAN USABILITY PADA APLIKASI GEMATEN PAROKI SANTA MARIA ASSUMPTA KLATEN CY - Yogyakarta Y1 - 2021/10/29/ N2 - Paroki Santa Maria Assumpta Klaten saat ini telah memiliki aplikasi ?Gematen? berbasis Android untuk mendukung kebutuhan perekaman data umat, penyebaran informasi penting dari Dewan Pastoral Paroki, serta fitur QR Code yang sangat membantu untuk penjadwalan misa offline di masa pandemi Covid-19. Namun dari uji usability menggunakan standar System Usability Score (SUS), nilainya masih berada di angka 65,4 yang ekuivalen dengan grade ?C?. Di luar hal tersebut, ada kebutuhan-kebutuhan lain terkait layanan pastoral yang dirasa perlu untuk dibantu oleh teknologi. Beberapa di antaranya adalah layanan minyak suci yang diberikan kepada umat yang sakit berat, layanan misa requiem yang diberikan bagi umat yang meninggal, serta layanan misa peringatan arwah. Saat ini layanan tersebut masih berjalan secara tradisional, yaitu dengan melakukan pendaftaran melalui telepon/WhatsApp ke Sekretaris Paroki dan kemudian dihubungkan ke Imam/Romo yang bisa menanggapi permintaan layanan tersebut. Berdasarkan kondisi permasalahan di atas, ada penambahan layanan pastoral secara online dimana nantinya pengguna Gematen dapat melakukan permintaan layanan melalui aplikasi Gematen. Permintaan tersebut diolah oleh admin data center yang diampu oleh Tim Sekretariat Paroki. Aplikasi baik yang versi aplikasi dasar maupun versi penambahan fitur dirancang sepenuhnya menggunakan framework Flutter dengan bahasa pemrograman Dart. Setelah aplikasi selesai dirancang, dilanjutkan dengan pengujian usability ulang untuk melihat peningkatan yang terjadi. ID - katalog8749 KW - Paroki Santa Maria Assumpta Klaten saat ini telah memiliki aplikasi ?Gematen? berbasis Android untuk mendukung kebutuhan perekaman data umat KW - penyebaran informasi penting dari Dewan Pastoral Paroki KW - serta fitur QR Code yang sangat membantu untuk penjadwalan misa offline di masa pandemi Covid-19. Namun dari uji usability menggunakan standar System Usability Score (SUS) KW - nilainya masih berada di angka 65 KW - 4 yang ekuivalen dengan grade ?C?. Di luar hal tersebut KW - ada kebutuhan-kebutuhan lain terkait layanan pastoral yang dirasa perlu untuk dibantu oleh teknologi. Beberapa di antaranya adalah layanan minyak suci yang diberikan kepada umat yang sakit berat KW - layanan misa requiem yang diberikan bagi umat yang meninggal KW - serta layanan misa peringatan arwah. Saat ini layanan tersebut masih berjalan secara tradisional KW - yaitu dengan melakukan pendaftaran melalui telepon/WhatsApp ke Sekretaris Paroki dan kemudian dihubungkan ke Imam/Romo yang bisa menanggapi permintaan layanan tersebut. Berdasarkan kondisi permasalahan di atas KW - ada penambahan layanan pastoral secara online dimana nantinya pengguna Gematen dapat melakukan permintaan layanan melalui aplikasi Gematen. Permintaan tersebut diolah oleh admin data center yang diampu oleh Tim Sekretariat Paroki. Aplikasi baik yang versi aplikasi dasar maupun versi penambahan fitur dirancang sepenuhnya menggunakan framework Flutter dengan bahasa pemrograman Dart. Setelah aplikasi selesai dirancang KW - dilanjutkan dengan pengujian usability ulang untuk melihat peningkatan yang terjadi. A1 - Lukas Chrisantyo A1 - Maria Nila Anggia Rini AV - restricted PB - Program Studi Informatika, Universitas Kristen Duta Wacana M1 - project_report ER -