TY - UNPB UR - https://katalog.ukdw.ac.id/8740/ N2 - Dalam kondisi diterapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) atau Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sebagai upaya mengurangi persebaran COVID-19 di Indonesia, masyarakat dihimbau untuk tetap tinggal di rumah saja (stay at home). Akan tetapi, kondisi ini membuat masyarakat berusaha mencari aktivitas untuk mengatasi rasa jenuh, tertekan, dan cemas akibat masa pandemi yang berkepanjangan. Salah satu hobi yang marak pada masa pandemi khususnya di daerah perkotaan adalah berkebun atau bercocok tanam. Fenomena berkebun di rumah saja ini ditandai dengan meningkatnya harga jual tanaman hias serta munculnya beragam produk perawatan dan perlengkapan berkebun yang disebabkan oleh tingginya permintaan (market demand). Fenomena ini sangat kontras dibandingkan dengan fakta bahwa perekonomian masyarakat merupakan salah satu aspek yang terdampak akibat pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi preferensi konsumen dalam membeli produk perlengkapan berkebun; (2) memberikan rekomendasi desain produk perlengkapan berkebun yang dibutuhkan dan diminati konsumen; (3) menganalisis faktorfaktor yang mempengaruhi perubahan desain ruang dalam hunian sebagai dampak dari aktivitas berkebun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yaitu melalui kuesioner daring dan kualitatif-deskriptif, yaitu melalui wawancara daring (mix method). Penelitian ini sejalan dengan rancangan topik penelitian program studi Desain Produk, yaitu Pengembangan Desain Produk Berbasis pada Kajian Perilaku Pengguna (Development of Product Design Based on User Behavioral Studies). Y1 - 2021/11/08/ ID - katalog8740 CY - Yogyakarta TI - DAMPAK PANDEMI COVID-19 PADA DESAIN PERLENGKAPAN BERKEBUN DAN DESAIN RUANG DALAM HUNIAN AV - restricted PB - LPPM Universitas Kristen Duta Wacana A1 - Christmastuti Nur A1 - Stefani Natalia Sabatini KW - Dalam kondisi diterapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) atau Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sebagai upaya mengurangi persebaran COVID-19 di Indonesia KW - masyarakat dihimbau untuk tetap tinggal di rumah saja (stay at home). Akan tetapi KW - kondisi ini membuat masyarakat berusaha mencari aktivitas untuk mengatasi rasa jenuh KW - tertekan KW - dan cemas akibat masa pandemi yang berkepanjangan. Salah satu hobi yang marak pada masa pandemi khususnya di daerah perkotaan adalah berkebun atau bercocok tanam. Fenomena berkebun di rumah saja ini ditandai dengan meningkatnya harga jual tanaman hias serta munculnya beragam produk perawatan dan perlengkapan berkebun yang disebabkan oleh tingginya permintaan (market demand). Fenomena ini sangat kontras dibandingkan dengan fakta bahwa perekonomian masyarakat merupakan salah satu aspek yang terdampak akibat pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi preferensi konsumen dalam membeli produk perlengkapan berkebun; (2) memberikan rekomendasi desain produk perlengkapan berkebun yang dibutuhkan dan diminati konsumen; (3) menganalisis faktorfaktor yang mempengaruhi perubahan desain ruang dalam hunian sebagai dampak dari aktivitas berkebun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yaitu melalui kuesioner daring dan kualitatif-deskriptif KW - yaitu melalui wawancara daring (mix method). Penelitian ini sejalan dengan rancangan topik penelitian program studi Desain Produk KW - yaitu Pengembangan Desain Produk Berbasis pada Kajian Perilaku Pengguna (Development of Product Design Based on User Behavioral Studies). M1 - project_report ER -