eprintid: 8736 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 11 dir: disk0/00/00/87/36 datestamp: 2024-08-06 05:32:52 lastmod: 2024-08-06 05:32:52 status_changed: 2024-08-06 05:32:52 type: monograph metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: , Kristian Oentoro creators_name: , Wiyatiningsih creators_id: 0510108801 creators_id: 0529037102 contributors_name: , Gabrielle Maya Handoko title: PENGUATAN DESAIN BRANDING KAMPUNG WISATA KOTA YOGYAKARTA BERBASIS POTENSI LOKAL ispublished: unpub subjects: NX divisions: pro_desa full_text_status: restricted monograph_type: project_report keywords: Kampung Wisata, Yogyakarta, Branding, Kolaborasi. abstract: Penelitian dan pengembangan desain branding kampung wisata Kota Yogyakarta berbasis potensi lokal menggunakan metode Collaborative Destination Branding yang mengutamakan adanya kolaborasi antara para pemangku kepentingan (stakeholders). Ketujuh tahap penelitian telah diselesaikan dengan baik dan lancar, mulai tahap survey, implementasi, hingga evaluasi hasil. Hasil survey awal terhadap wisatawan telah dilakukan di 4 kampung wisata. Terdapat 68 wisatawan sebagai responden yang berasal dari berbagai daerah, termasuk dari luar Pulau Jawa. Indeks kepuasan wisatawan menunjukan nilai 84,25 (sangat baik). Selain itu, evaluasi hasil juga telah dilakukan terhadap 27 responden dari kampung wisata dan pihak-pihak terkait yang menunjukan hasil penguatan desain branding dinilai 97,8 (sangat baik). Desain branding juga telah diterapkan pada produk merchandise, seperti kaos, tas serut, hingga botol minum bagi pesepeda. Hasil desain branding kemudian akan dimanfaatkan kampung wisata dalam berbagai kegiatan promosi, termasuk pada kegiatan wisata sepeda. Implementasi konsep desain branding juga telah menghasilkan 1 dokumen Hak Cipta dalam Seni Ilustrasi berjudul “Prawira Geometri’ dengan No. EC00202135123 tanggal 27 Juli 2021 sebagai salah satu luaran. Identifikasi kepuasan wisatawan dalam berkegiatan sepeda di kampung wisata juga telah didesiminasikan dan dipublikasi pada Sendimas 2021, sedangkan hasil riset dan pengembangan desain branding akan dipubliksikan pada prosiding internasional. Riset Produk Inovasi ini juga mendorong kerjasama antara FAD UKDW dengan Forum Komunikasi Kampung Wisata Kota Yogyakarta sebagai bentuk keberlanjutan dari program kemitraan yang telah dilakukan. date: 2021-11-04 publisher: LPPM Universitas Kristen Duta Wacana place_of_pub: Yogyakarta institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Desain Produk referencetext:  Brennan, B.S. (2020). A Study of the Perceived Holistic Tourism Destination Image of Korea: A Comparison of Residents and Non-Residents. Dissertation in Hospitality and Tourism Department of Convention & Exhibition Management. Seoul : Graduate School, Kyung Hee University.  BPS Provinsi D.I.Yogyakarta (2018). Tingkat Penghunian Kamar Hotel Occupancy Rate of Hotels Room DIY 2018. Yogyakarta : Badan Pusat Statistik Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Diunduh dari https://yogyakarta.bps.go.id/publication/2019/ 09/10/5ffe717fb1aeb7945498d486/tingkat-penghunian-kamar-hotel-daerahistimewa-yogyakarta-2018.html pada 08 Januari 2021.  Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta (2017). Rencana Strategis Perangkat Daerah, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Tahun 2017-2022. Diunduh dari https://pariwisata.jogjakota.go.id/resources/download/renstra-dinas-pariwisata-kota -yogyakarta-2017-2020-18.pdf pada 08 Januari 2021.  Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta (2018). Kampung Wisata Jogja. Artikel daring (online) dari https://pariwisata.jogjakota.go.id/detail/index/55 pada 08 Januari 2021.  Fanani, F. & Kurniati, A.C. (2018). Pelestarian Urban Heritage Berdasarkan Upaya Perlindungan Terhadap Bangunan Cagar Budaya di Kota Yogyakarta. Prosiding Nasional Rekayasa Teknologi Industri dan Informasi XIII Tahun 2018 (ReTII), November 2018, Hal. 369-376. Diunduh dari https://journal.itny.ac.id/index.php /ReTII/article/view/1101 pada 16 Januari 2021. funders: kristian@staff.ukdw.ac.id citation: Kristian Oentoro and Wiyatiningsih (2021) PENGUATAN DESAIN BRANDING KAMPUNG WISATA KOTA YOGYAKARTA BERBASIS POTENSI LOKAL. Research Report (Lecturer). LPPM Universitas Kristen Duta Wacana, Yogyakarta. (Unpublished) document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/8736/1/144E394_PENDAHULUAN_KESIMPULAN_DAFTARPUSTAKA.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/8736/2/144E394_FULLTEXT.pdf