eprintid: 8725 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 40 dir: disk0/00/00/87/25 datestamp: 2024-08-02 03:31:04 lastmod: 2024-08-02 03:31:04 status_changed: 2024-08-02 03:31:04 type: monograph metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: , Robert Setio creators_name: , Wahju Satria Wibowo creators_id: 0502026402 creators_id: 0527037201 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/RTM contributors_name: , Edy Nugroho title: STUDI PERILAKU PEDAGANG PASAR DALAM BERINTERAKSI DENGAN STAKEHODER; AGAMA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI ispublished: unpub subjects: BL subjects: HM full_text_status: restricted monograph_type: project_report keywords: perilaku, hubungan antar agama, ekonomi, mediasi abstract: Pasar tradisional merupakan tempat untuk berinteraksi antar pelaku ekonomi dengan tujuan yang berbeda. Namun demikian di pasar kepentingan yang berbeda masing-masing elemen tersebut mendapatkan titik temu sebagai solusi. Elemen-elemen pelaku dipasar tradisional adalah: pedagang baik kategori eceran maupun grosir, pembeli, dan otoritas regulator sebagai wakil dari pemerintah. Para pedagang dalam melakukan relasi dengan pembeli dalam wujud transaksi ekonomi. Namun demikian, bentuk pasar tradisional rata-rata di Indonesia adalah pasar persaingan sempurna sehingga para pedagang memerlukan strategi tertentu untuk selalu mendapatkan pembeli secara regular. Strategi yang diterapkan oleh pedagang adalah memberikan diskriminasi harga terhadap pembeli dengan kualifikasi tertentu sesuai preferensinya. Dengan meningkatnya ketegangan hubungan antar pemeluk agama yang berbeda menjadi penting untuk diteliti dampaknya pada perilaku sehari-hari. Salah satu perilaku sehari-hari adalah perilaku perdagangan di pasar-pasar tradisional. Tulisan ini merupakan hasil penelitian terhadap interaksi antara pedagang, pembeli dan pensuplai barang di 4 pasar di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif dan kualitatif yaitu dengan penyebaran pertanyaan kuesioner kepada 150 responden dan wawancara terfokus pada beberapa responden pilihan. Hasil penelitian memperlihatkan tidak signifikannya pengaruh perbedaan agama bagi perilaku para pedagang di pasar-pasar yang diteliti. Artinya, jika sikap preferensi terhadap pemeluk agama yang sama terjadi di beberapa lini kehidupan sosial, hal tersebut nyaris tidak terjadi dalam lini ekonomi. date: 2019-11-01 publisher: Fakultas Teologi Universitas Kristen Duta Wacana place_of_pub: Yogyakarta pages: 56 institution: Universitas Kristen Duta Wacana referencetext: Ajzen, I. 1988. Attitudes, Personality, and Behavior. Milton Keynes : Open Univesty Press. Allen, D.E., Guy.R.F., and Edgley, C. K. 1980. Social Psycology as Social Process. Belmont, Cal.: Wadsworth Publishing Company. Barro, Robert And Joshua Mitchel. 2004. Religion Faith and Economic Growth: What Matters Most Beliefe or Belonging? Washington, DC: The Heritage Foundation Center for Religion and Civil Society. Berkowitz, L. 1972. Social Psycology. Glenview, III., : Scott, Foresman and Company. Capra, M Umer. 2001. The Future of Economics : An Islamic Perspective. Jakarta : Shariah Economics and Banking Institute. Castle, Lance.1967. Religion, Politics, and Economic Behaviour in Java: The Kudus Cigarette Industry. New Haven Southeast Asia Studies. Yale University Press. Edwards, A. L..1957. Techniques of Attitude Scale Construction. New York: Appleton Century Croft, INC. Field, Andy. 2005. Discovering Statistics with SPSS. 2nd Edition. London. Sage Publication Ltd. Geertz, Clifford. 1983. Abangan, Santri, Priyayi dalam Masyarakat Jawa, diterjemahkan oleh Aswab Mahasin. Jakarta: Pustaka Jaya. funders: robertsetio64@staff.ukdw.ac.id citation: Robert Setio and Wahju Satria Wibowo (2019) STUDI PERILAKU PEDAGANG PASAR DALAM BERINTERAKSI DENGAN STAKEHODER; AGAMA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Research Report (Lecturer). Fakultas Teologi Universitas Kristen Duta Wacana, Yogyakarta. (Unpublished) document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/8725/1/994E259_PENDAHULUAN_KESIMPULAN_DAFTARPUSTAKA.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/8725/2/994E259_FULLTEXT.pdf