?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.relation=https%3A%2F%2Fkatalog.ukdw.ac.id%2F8725%2F&rft.title=STUDI+PERILAKU+PEDAGANG+PASAR+DALAM+BERINTERAKSI+DENGAN+STAKEHODER%3B+AGAMA+SEBAGAI+VARIABEL+MEDIASI&rft.creator=Robert+Setio&rft.creator=Wahju+Satria+Wibowo&rft.subject=BL+Agama&rft.subject=HM+Sosiologi&rft.description=Pasar+tradisional+merupakan+tempat+untuk+berinteraksi+antar+pelaku+ekonomi+dengan%0D%0Atujuan+yang+berbeda.+Namun+demikian+di+pasar+kepentingan+yang+berbeda+masing-masing%0D%0Aelemen+tersebut+mendapatkan+titik+temu+sebagai+solusi.+Elemen-elemen+pelaku+dipasar%0D%0Atradisional+adalah%3A+pedagang+baik+kategori+eceran+maupun+grosir%2C+pembeli%2C+dan+otoritas%0D%0Aregulator+sebagai+wakil+dari+pemerintah.+Para+pedagang+dalam+melakukan+relasi+dengan%0D%0Apembeli+dalam+wujud+transaksi+ekonomi.+Namun+demikian%2C+bentuk+pasar+tradisional+rata-rata%0D%0Adi+Indonesia+adalah+pasar+persaingan+sempurna+sehingga+para+pedagang+memerlukan%0D%0Astrategi+tertentu+untuk+selalu+mendapatkan+pembeli+secara+regular.+Strategi+yang+diterapkan%0D%0Aoleh+pedagang+adalah+memberikan+diskriminasi+harga+terhadap+pembeli+dengan+kualifikasi%0D%0Atertentu+sesuai+preferensinya.%0D%0ADengan+meningkatnya+ketegangan+hubungan+antar+pemeluk+agama+yang+berbeda%0D%0Amenjadi+penting+untuk+diteliti+dampaknya+pada+perilaku+sehari-hari.+Salah+satu+perilaku%0D%0Asehari-hari+adalah+perilaku+perdagangan+di+pasar-pasar+tradisional.+Tulisan+ini+merupakan%0D%0Ahasil+penelitian+terhadap+interaksi+antara+pedagang%2C+pembeli+dan+pensuplai+barang+di+4%0D%0Apasar+di+Daerah+Istimewa+Yogyakarta.+Penelitian+dilakukan+dengan+metode+kuantitatif+dan%0D%0Akualitatif+yaitu+dengan+penyebaran+pertanyaan+kuesioner+kepada+150+responden+dan%0D%0Awawancara+terfokus+pada+beberapa+responden+pilihan.+Hasil+penelitian+memperlihatkan%0D%0Atidak+signifikannya+pengaruh+perbedaan+agama+bagi+perilaku+para+pedagang+di+pasar-pasar%0D%0Ayang+diteliti.+Artinya%2C+jika+sikap+preferensi+terhadap+pemeluk+agama+yang+sama+terjadi+di%0D%0Abeberapa+lini+kehidupan+sosial%2C+hal+tersebut+nyaris+tidak+terjadi+dalam+lini+ekonomi.&rft.publisher=Fakultas+Teologi+Universitas+Kristen+Duta+Wacana&rft.date=2019-11-01&rft.type=Project+Report&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.language=id&rft.identifier=https%3A%2F%2Fkatalog.ukdw.ac.id%2F8725%2F1%2F994E259_PENDAHULUAN_KESIMPULAN_DAFTARPUSTAKA.pdf&rft.format=text&rft.language=id&rft.identifier=https%3A%2F%2Fkatalog.ukdw.ac.id%2F8725%2F2%2F994E259_FULLTEXT.pdf&rft.identifier=++Robert+Setio+and+Wahju+Satria+Wibowo++(2019)+STUDI+PERILAKU+PEDAGANG+PASAR+DALAM+BERINTERAKSI+DENGAN+STAKEHODER%3B+AGAMA+SEBAGAI+VARIABEL+MEDIASI.++Research+Report+(Lecturer).+Fakultas+Teologi+Universitas+Kristen+Duta+Wacana%2C+Yogyakarta.++++(Unpublished)++