eprintid: 8690 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 11 dir: disk0/00/00/86/90 datestamp: 2024-07-30 03:25:09 lastmod: 2024-07-30 03:25:09 status_changed: 2024-07-30 03:25:09 type: monograph metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: , Kristian Adi Nugraha creators_name: , Danny Sebastian creators_id: 0504108901 creators_id: 0526118803 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/RTM contributors_name: , Joshua Gibeon Mulyana title: METODE K-NEAREST NEIGHBOR UNTUK PEMBUATAN CHATBOT LAYANAN AKADEMIK DI UNIVERSITAS KRISTEN DUTA WACANA ispublished: unpub subjects: T1 full_text_status: restricted monograph_type: project_report keywords: k-nearest neighbor, chatbot, natural language processing abstract: Chatbot merupakan sebuah teknologi yang digunakan untuk membalas pesan berbentuk teks dari seseorang secara otomatis. Hal ini dapat meringankan pekerjaan manusia dalam membalas pesan-pesan yang masuk karena dapat ditangani oleh chatbot. Demikian juga pada layanan kontak atau yang biasa disebut sebagai customer service yang seringkali menerima pesan dalam jumlah yang besar. Pekerjaan mereka akan menjadi lebih ringan apabila terdapat bantuan chatbot. Pada penelitian ini, penulis membangun sebuah chatbot dengan menggunakan metode K-NN untuk diterapkan di Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Duta Wacana. Tujuan dari chatbot ini adalah untuk membantu admin fakultas dalam membalas pesan-pesan dari mahasiswa atau wali mahasiswa. Dengan demikian, pekerjaan admin akan menjadi lebih ringan sehingga waktu yang dimiliki dapat dialokasikan untuk pekerjaan lainnya. Berdasarkan hasil pengujian akurasi menggunakan data uji yang telah dikumpulkan, secara keseluruhan chatbot memberikan akurasi yang kurang memuaskan, yaitu 15% untuk nilai K = 3. Hal ini disebabkan karena banyak pertanyaan yang tidak dapat dipahami oleh sistem. Beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah adanya kesalahan penulisan (typo), penggunaan singkatan, dan penggunaan bahasa slang yang tidak dapat diproses oleh sistem date: 2020-11-16 publisher: Prodi Sistem Informasi, Universitas Kristen Duta Wacana place_of_pub: Yogyakarta pages: 90 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika referencetext: Aggarwal, C. C., & Zhai, C. X. (2012). Mining Text Data. Boston, MA: Springer. Agnihotri, D., Verma, K., & Tripathi, P. (2014). Pattern and cluster mining on text data. Fourth International Conference on Communication Systems and Network Technologies. Agung, B. (2017, Desember 2017). Pengguna Internet di Indonesia Akses Medsos 3 Jam Per Hari. (CNN Indonesia) Retrieved Juli 26, 2018, from https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20171218192500-192-263281/penggunainternet-di-indonesia-akses-medsos-3-jam-per-hari Ahmad, S., & Varma, R. (2018). Information extraction from text messages using data mining techniques. Malaya Journal of Matematik, S(1), 26-29. Al-Anzi, F., & AbuZeina, D. (2017). Toward an enhanced Arabic text classification using cosine similarity and latent semantic indexing. Journal of King Saud University – Computer and Information Sciences, 29(2), 189-195. Albayrak, N., Özdemir, A., & Zeydan, E. (2018). An overview of artificial intelligence based chatbots and an example chatbot application. 2018 26th Signal Processing and Communications Applications Conference (SIU). Izmir, Turkey: IEEE. Allahyari, M., Pouriyeh, S., Assefi, M., Safaei, S., Trippe, E., Gutierrez, J., & Kochut, K. (2017). A brief survey of text mining: Classification, clustering and extraction techniques. arXiv preprint arXiv:1707.02919. Bahtar, A., & Muda, M. (2016). The Impact of User--Generated Content (UGC) on Product Reviews towards Online Purchasing-A Conceptual Framework. Procedia Economics and Finance. 37, pp. 337-342. Elsevier. Bhardwaj, B. (2016). Text Mining, its Utilities, Challenges and Clustering Techniques. International Journal of Computer Applications, 135(1). Chae, J., Thom, D., Bosch, H., Jang, Y., & Maciejewski, R. (2012). Spatiotemporal Social Media Analytics for Abnormal Event Detection and Examination using Seasonal-Trend Decomposition. Visual Analytics Science and Technology (VAST) (pp. 143-152). IEEE. Chen, X., Vorvoreanu, M., & Madhavan, K. (2014). Mining Social Media Data for Understanding Student's Learning Experiences. IEEE Transactions on Learning Technologies, 7(3), 246-259. Chrismanto, A., & Lukito, Y. (2016). Klasifikasi Sentimen Komentar Politik dari Facebook Page Menggunakan Naive Bayes. Jurnal Informatika dan Sistem Informasi, 2(2), 26- 34.15 Cooley, R., Mobasher, B., & Srivastava, J. (1997). Web mining: Information and pattern discovery on the world wide web. Tools with Artificial Intelligence, 1997. Proceedings., Ninth IEEE International Conference on. IEEE. Crowston, K., & Fagnot, I. (2018). Stages of motivation for contributing user-generated content: A theory and empirical test. International Journal of Human-Computer Studies, 109, 89-101. Daugherty, T., Eastin, M. S., & Bright, L. (2008). Exploring consumer motivations for creating user-generated content. Journal of interactive advertising, 2(2), 16-25. Gomaa, W., & Fahmy, A. (2013). A Survey of Text Similarity Approaches. International Journal of Computer Applications , 68(13), 13-18. Gupta, V., & Lehal, G. S. (2009). A Survey of Text Mining Techniques and Applications. Journal of Emerging Technologies in Web Intelligence, 1(1), 60-76. He, W., Zha, S., & Li, L. (2013). Social media competitive analysis and text mining: A case study in pizza industry. International Journal of Information Management, 33(3), 464- 472. Iglesias, J. A., Tiemblo, A., Ledezma, A., & Sanchis, A. (2016). Web news mining in an evolving framework. Information Fusion, 28, 90-98. Inzalkar, S., & Sharma, J. (2015). A survey on text mining-techniques and application. International Journal of Research In Science & Engineering, 24, 1-14. Jo, T. (2017). Using K Nearest Neighbors for text segmentation with feature similarity. 2017 International Conference on Communication, Control, Computing and Electronics Engineering (ICCCCEE). Khartoum, Sudan: IEEE. Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business horizons, 53(1), 59-68. Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53, 59-68. Kim, A. J., & Johnson, K. K. (2016). Power of consumers using social media: Examining the influences of brand-related user-generated content on Facebook. Computer in Human Behavior, 58, 98-108. Kohavi, R. (2001). Mining E-Commerce Data: The good, the bad, and the ugly. Proceedings of the seventh ACM SIGKDD international conference on Knowledge discovery and data mining. ACM. funders: adinugraha@staff.ukdw.ac.id citation: Kristian Adi Nugraha and Danny Sebastian (2020) METODE K-NEAREST NEIGHBOR UNTUK PEMBUATAN CHATBOT LAYANAN AKADEMIK DI UNIVERSITAS KRISTEN DUTA WACANA. Research Report (Lecturer). Prodi Sistem Informasi, Universitas Kristen Duta Wacana, Yogyakarta. (Unpublished) document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/8690/1/115_PENDAHULUAN_KESIMPULAN_DAFTARPUSTAKA.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/8690/2/115_FULLTEXT.pdf