%A Kristian Adi Nugraha %A Danny Sebastian %C Yogyakarta %K k-nearest neighbor, chatbot, natural language processing %T METODE K-NEAREST NEIGHBOR UNTUK PEMBUATAN CHATBOT LAYANAN AKADEMIK DI UNIVERSITAS KRISTEN DUTA WACANA %D 2020 %X Chatbot merupakan sebuah teknologi yang digunakan untuk membalas pesan berbentuk teks dari seseorang secara otomatis. Hal ini dapat meringankan pekerjaan manusia dalam membalas pesan-pesan yang masuk karena dapat ditangani oleh chatbot. Demikian juga pada layanan kontak atau yang biasa disebut sebagai customer service yang seringkali menerima pesan dalam jumlah yang besar. Pekerjaan mereka akan menjadi lebih ringan apabila terdapat bantuan chatbot. Pada penelitian ini, penulis membangun sebuah chatbot dengan menggunakan metode K-NN untuk diterapkan di Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Duta Wacana. Tujuan dari chatbot ini adalah untuk membantu admin fakultas dalam membalas pesan-pesan dari mahasiswa atau wali mahasiswa. Dengan demikian, pekerjaan admin akan menjadi lebih ringan sehingga waktu yang dimiliki dapat dialokasikan untuk pekerjaan lainnya. Berdasarkan hasil pengujian akurasi menggunakan data uji yang telah dikumpulkan, secara keseluruhan chatbot memberikan akurasi yang kurang memuaskan, yaitu 15% untuk nilai K = 3. Hal ini disebabkan karena banyak pertanyaan yang tidak dapat dipahami oleh sistem. Beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah adanya kesalahan penulisan (typo), penggunaan singkatan, dan penggunaan bahasa slang yang tidak dapat diproses oleh sistem %I Prodi Sistem Informasi, Universitas Kristen Duta Wacana %L katalog8690