eprintid: 8678 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 11 dir: disk0/00/00/86/78 datestamp: 2024-07-29 03:29:44 lastmod: 2024-07-29 03:29:44 status_changed: 2024-07-29 03:29:44 type: monograph metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: , Rosa Delima creators_name: , Argo Wibowo creators_id: 0228107401 creators_id: 0516118902 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/RTM contributors_name: , BOB ANDRESON SETIADY title: PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING UNTUK PERTANIAN ORGANIK MENGGUNAKAN PENDEKATAN MANAJEMEN KONTEN ispublished: unpub subjects: QA76 full_text_status: restricted monograph_type: project_report keywords: Mobile Learning, Goal-Oriented, Content Management, M-Learning, P2P model abstract: E-learning merupakan bentuk pembelajaran yang memanfaatkan internet sebagai media penghubung antara pengajar, peserta didik dan bahan ajar berbasis multi media. M-learning merupakan model pembelajaran yang memiliki banyak kesamaan dengan e-learning, hanya pada model m-learning interaksi antara pengajar, peserta didik, dan bahan ajar difasilitasi oleh perangkat mobile. Perangkat mobile meningkatkan aksesibilitas sistem pembelajaran yang tidak hanya terbatas pada komputer namun juga meliputi telepon genggam dan tablet/sabak. Saat ini cukup banyak mobile learning yang dikembangkan di Indonesia, namun semua penelitian tesebut berfokus pada siswa/pelajar/mahasiswa. Belum banyak yang melakukan pengembangan Mlearning untuk kalangan masyarakat umum untuk konten atau materi ajar yang spesifik seperti pada bidang pertanian khususnya pertanian organik. Pada penelitian ini dikembangkan aplikasi mobile learning pertanian. Tahap penelitian meliputi rekayasa kebutuhan, perumusan proses bisnis, pengembangan konten dengan menggunakan pendekatan manajemen konten, dan pendekatan pengembangan aplikasi. Rekayasa kebutuhan dilakukan dengan menggunakan pendekatan goal-oriented. Tahap ini melibatkan 14 stakeholder yang terdiri dari petani, penyuluh, pamong desa, dan pegawai non-pemerintah. Hasil dari tahap ini berupa spesifikasi kebutuhan yang meliputi definisi kebutuhan fungsional dan non-fungsional sistem, diagram use-case, dan class diagram. Hasil dari rekayasa kebutuhan akan digunakan untuk proses pengembangan aplikasi. Selain spesifikasi kebutuhan, penelitian juga telah menghasilkan perumusan alur proses bisnis, desain model pembelajar, dan arsitektur serta desain antar muka pada aplikasi. Pengembangan aplikasi dilakukan dengan menerapkan model pear-to-pear (P2P) antara pengajar dan peserta. Pada aplikasi diterapkan dua platform yaitu web dan mobile. Aplikasi web digunakan oleh admin dan pengajar, sementara aplikasi mobile digunakan oleh peserta. Berdasarkan hasil uji coba sistem diketahui bahwa semua fungsi pada sistem telah berjalan dengan baik. Evaluasi kesesuaian antara sistem dengan kebutuhan pengguna juga menunjukan bahwa semua kebutuhan telah diakomodasi oleh sistem. Untuk fitur kelas pada sistem dibuat lebih sederhana dimana kelas direpresentasikan sebagai topik dan peserta yang melakukan registrasi dapat bebas mengikuti semua kelas yang tersedia pada sistem. Sebagai keberlanjutan dari penelitian, perlu dilakukan uji kebergunaan untuk memastikan bahwa sistem dapat digunakan dan siap untuk diimplementasikan. date: 2020-11-14 publisher: Progam Studi Informatika, Universitas Kristen Duta Wacana place_of_pub: Yogyakarta pages: 78 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika referencetext: DAFTAR PUSTAKA Fatnawati, S. (2015). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android menggunakan Adobe Flash CS6 pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TKJ SMK Hidayah Semarang. Universitas Negeri Semarang. Gagese, N., Wahyono, U., & Kendek, Y. (2018). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android pada Materi Listrik Dinamis. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 6(1), 44. https://doi.org/10.22487/j25805924.2018.v 6.i1.10018 Hafid, A., Efrizon, E., & Adri, M. (2018). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android (Studi Kasus pada Mata Kuliah Analisis erancangan Sistem). Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 2(2), 0–15. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/votekni ka/article/view/3298 Horkoff, J., Maiden, N. A., & Asboth, D. (2018). Creative goal modeling for innovative requirements. Information and Software Technology, 1–16. https://doi.org/10.1016/j.infsof.2018.09.00 5 Kalloniatis, C. (2017). Incorporating privacy in the design of cloud-based systems : a12 conceptual meta-model. Information & Computer Security, 25 No.5, 614–633. https://doi.org/10.1108/ICS-06-2016-0044 Luthfi, F. (2017). Penggunaan Framework Laravel Dalam Rancang Bangun Modul Back-End Artikel Website Bisnisbisnis.ID. JISKA (Jurnal Informatika Sunan Kalijaga), 2(1), 34. https://doi.org/10.14421/jiska.2017.21-05 Maurer, M. E., Hausen, D., De Luca, A., & Hussmann, H. (2010). Mobile or desktop websites? Website usage on multitouch devices. NordiCHI 2010: Extending Boundaries - Proceedings of the 6th Nordic Conference on Human-Computer Interaction, January, 739–742. https://doi.org/10.1145/1868914.1869018 Mcquiggan, S., Kosturko, L., Mcquiggan, J., & Sabourin, J. (2015). Mobile Learning : A Handbook for Developers, Educators, and Learners. John Wiley & Sons, Inc. Nguyen, C. M., Sebastiani, R., Giorgini, P., & Mylopoulos, J. (2018). Multi-objective reasoning with constrained goal models. Requirements Engineering, 23(2), 189– 225. https://doi.org/10.1007/s00766-016- 0263-5 Romadhon, S. S., & Desmulyati. (2019). Perancangan Website Sistem Informasi Simpan Pinjam Menggunakan Framework Codeiginter pada Koperasi Bumi Sejahtera Jakarta. Journal of Information System Informatics and Computing (JISICOM), 3(1), 21–28. Sadila, N. M., Pradana, F., & Priyambadha, B. (2017). Rekayasa Kebutuhan dengan Metode Pemodelan Berbasis Linguistik dan Ontologi pada Sistem Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Dinas Kominfo Kota Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya, 1(9), 765–773. http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/jptiik/article/download/225/106/ Sari, S. K., & Asniar. (2015). Analisis Dan Pemodelan Proses Bisnis Prosedur Pelaksanaan Proyek Akhir Sebagai Alat Bantu Identifikasi Kebutuhan Sistem. Jurnal Informatika,Telekomunikasi Dan Elektronika, 7(2), 143–151. https://doi.org/10.20895/infotel.v7i2.137 Setyadi, D. (2017). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Sarana Berlatih Mengerjakan Soal Matematika. Satya Widya, 33(2), 87–92. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i2.p 87-92 Taufiq, A., & Ermawati. (2017). Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Pentas Seni Berbasis Web Pada Sanggar Seni Getar Pakuan Bogor. IJSE - Indonesian Journal on Software Engineering, 3(2), 1–7. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ij se/article/view/2812/1836 Wulandari, D. A., Murnomo, A., Wibawanto, H., & Suryanto, A. (2019). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Rekayasa Perangkat Lunak Di Smk Sultan Trenggono Kota Semarang Mobile Learning Based on Android Development on Subjects of Software Engineering At Smk Sultan Trenggono Kota Semarang. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK), 6(5), 577–584. https://doi.org/10.25126/jtiik.20196994 Yao, X., Du, W., Chen, B., & Yuan, Z. (2010). An integrated P2P mobile learning model for timely farming guidance. 3rd International Symposium on Intelligent Information Technology and Security Informatics, IITSI 2010, 84–87. DAFTAR PUSTAKA Fatnawati, S. (2015). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android menggunakan Adobe Flash CS6 pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TKJ SMK Hidayah Semarang. Universitas Negeri Semarang. Gagese, N., Wahyono, U., & Kendek, Y. (2018). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android pada Materi Listrik Dinamis. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 6(1), 44. https://doi.org/10.22487/j25805924.2018.v 6.i1.10018 Hafid, A., Efrizon, E., & Adri, M. (2018). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android (Studi Kasus pada Mata Kuliah Analisis erancangan Sistem). Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 2(2), 0–15. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/votekni ka/article/view/3298 Horkoff, J., Maiden, N. A., & Asboth, D. (2018). Creative goal modeling for innovative requirements. Information and Software Technology, 1–16. https://doi.org/10.1016/j.infsof.2018.09.00 5 Kalloniatis, C. (2017). Incorporating privacy in the design of cloud-based systems : a12 conceptual meta-model. Information & Computer Security, 25 No.5, 614–633. https://doi.org/10.1108/ICS-06-2016-0044 Luthfi, F. (2017). Penggunaan Framework Laravel Dalam Rancang Bangun Modul Back-End Artikel Website Bisnisbisnis.ID. JISKA (Jurnal Informatika Sunan Kalijaga), 2(1), 34. https://doi.org/10.14421/jiska.2017.21-05 Maurer, M. E., Hausen, D., De Luca, A., & Hussmann, H. (2010). Mobile or desktop websites? Website usage on multitouch devices. NordiCHI 2010: Extending Boundaries - Proceedings of the 6th Nordic Conference on Human-Computer Interaction, January, 739–742. https://doi.org/10.1145/1868914.1869018 Mcquiggan, S., Kosturko, L., Mcquiggan, J., & Sabourin, J. (2015). Mobile Learning : A Handbook for Developers, Educators, and Learners. John Wiley & Sons, Inc. Nguyen, C. M., Sebastiani, R., Giorgini, P., & Mylopoulos, J. (2018). Multi-objective reasoning with constrained goal models. Requirements Engineering, 23(2), 189– 225. https://doi.org/10.1007/s00766-016- 0263-5 Romadhon, S. S., & Desmulyati. (2019). Perancangan Website Sistem Informasi Simpan Pinjam Menggunakan Framework Codeiginter pada Koperasi Bumi Sejahtera Jakarta. Journal of Information System Informatics and Computing (JISICOM), 3(1), 21–28. Sadila, N. M., Pradana, F., & Priyambadha, B. (2017). Rekayasa Kebutuhan dengan Metode Pemodelan Berbasis Linguistik dan Ontologi pada Sistem Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Dinas Kominfo Kota Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya, 1(9), 765–773. http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/jptiik/article/download/225/106/ Sari, S. K., & Asniar. (2015). Analisis Dan Pemodelan Proses Bisnis Prosedur Pelaksanaan Proyek Akhir Sebagai Alat Bantu Identifikasi Kebutuhan Sistem. Jurnal Informatika,Telekomunikasi Dan Elektronika, 7(2), 143–151. https://doi.org/10.20895/infotel.v7i2.137 Setyadi, D. (2017). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Sarana Berlatih Mengerjakan Soal Matematika. Satya Widya, 33(2), 87–92. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i2.p 87-92 Taufiq, A., & Ermawati. (2017). Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Pentas Seni Berbasis Web Pada Sanggar Seni Getar Pakuan Bogor. IJSE - Indonesian Journal on Software Engineering, 3(2), 1–7. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ij se/article/view/2812/1836 Wulandari, D. A., Murnomo, A., Wibawanto, H., & Suryanto, A. (2019). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Rekayasa Perangkat Lunak Di Smk Sultan Trenggono Kota Semarang Mobile Learning Based on Android Development on Subjects of Software Engineering At Smk Sultan Trenggono Kota Semarang. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK), 6(5), 577–584. https://doi.org/10.25126/jtiik.20196994 Yao, X., Du, W., Chen, B., & Yuan, Z. (2010). An integrated P2P mobile learning model for timely farming guidance. 3rd International Symposium on Intelligent Information Technology and Security Informatics, IITSI 2010, 84–87. DAFTAR PUSTAKA Fatnawati, S. (2015). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android menggunakan Adobe Flash CS6 pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TKJ SMK Hidayah Semarang. Universitas Negeri Semarang. Gagese, N., Wahyono, U., & Kendek, Y. (2018). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android pada Materi Listrik Dinamis. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 6(1), 44. https://doi.org/10.22487/j25805924.2018.v 6.i1.10018 Hafid, A., Efrizon, E., & Adri, M. (2018). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android (Studi Kasus pada Mata Kuliah Analisis erancangan Sistem). Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 2(2), 0–15. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/votekni ka/article/view/3298 Horkoff, J., Maiden, N. A., & Asboth, D. (2018). Creative goal modeling for innovative requirements. Information and Software Technology, 1–16. https://doi.org/10.1016/j.infsof.2018.09.00 5 Kalloniatis, C. (2017). Incorporating privacy in the design of cloud-based systems : a12 conceptual meta-model. Information & Computer Security, 25 No.5, 614–633. https://doi.org/10.1108/ICS-06-2016-0044 Luthfi, F. (2017). Penggunaan Framework Laravel Dalam Rancang Bangun Modul Back-End Artikel Website Bisnisbisnis.ID. JISKA (Jurnal Informatika Sunan Kalijaga), 2(1), 34. https://doi.org/10.14421/jiska.2017.21-05 Maurer, M. E., Hausen, D., De Luca, A., & Hussmann, H. (2010). Mobile or desktop websites? Website usage on multitouch devices. NordiCHI 2010: Extending Boundaries - Proceedings of the 6th Nordic Conference on Human-Computer Interaction, January, 739–742. https://doi.org/10.1145/1868914.1869018 Mcquiggan, S., Kosturko, L., Mcquiggan, J., & Sabourin, J. (2015). Mobile Learning : A Handbook for Developers, Educators, and Learners. John Wiley & Sons, Inc. Nguyen, C. M., Sebastiani, R., Giorgini, P., & Mylopoulos, J. (2018). Multi-objective reasoning with constrained goal models. Requirements Engineering, 23(2), 189– 225. https://doi.org/10.1007/s00766-016- 0263-5 Romadhon, S. S., & Desmulyati. (2019). Perancangan Website Sistem Informasi Simpan Pinjam Menggunakan Framework Codeiginter pada Koperasi Bumi Sejahtera Jakarta. Journal of Information System Informatics and Computing (JISICOM), 3(1), 21–28. Sadila, N. M., Pradana, F., & Priyambadha, B. (2017). Rekayasa Kebutuhan dengan Metode Pemodelan Berbasis Linguistik dan Ontologi pada Sistem Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Dinas Kominfo Kota Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya, 1(9), 765–773. http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/jptiik/article/download/225/106/ Sari, S. K., & Asniar. (2015). Analisis Dan Pemodelan Proses Bisnis Prosedur Pelaksanaan Proyek Akhir Sebagai Alat Bantu Identifikasi Kebutuhan Sistem. Jurnal Informatika,Telekomunikasi Dan Elektronika, 7(2), 143–151. https://doi.org/10.20895/infotel.v7i2.137 Setyadi, D. (2017). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Sarana Berlatih Mengerjakan Soal Matematika. Satya Widya, 33(2), 87–92. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i2.p 87-92 Taufiq, A., & Ermawati. (2017). Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Pentas Seni Berbasis Web Pada Sanggar Seni Getar Pakuan Bogor. IJSE - Indonesian Journal on Software Engineering, 3(2), 1–7. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ij se/article/view/2812/1836 Wulandari, D. A., Murnomo, A., Wibawanto, H., & Suryanto, A. (2019). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Rekayasa Perangkat Lunak Di Smk Sultan Trenggono Kota Semarang Mobile Learning Based on Android Development on Subjects of Software Engineering At Smk Sultan Trenggono Kota Semarang. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK), 6(5), 577–584. https://doi.org/10.25126/jtiik.20196994 Yao, X., Du, W., Chen, B., & Yuan, Z. (2010). An integrated P2P mobile learning model for timely farming guidance. 3rd International Symposium on Intelligent Information Technology and Security Informatics, IITSI 2010, 84–87. https://doi.org/10.1109/IITSI.2010.26 funders: rosadelima@staff.ukdw.ac.id citation: Rosa Delima and Argo Wibowo (2020) PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING UNTUK PERTANIAN ORGANIK MENGGUNAKAN PENDEKATAN MANAJEMEN KONTEN. Research Report (Lecturer). Progam Studi Informatika, Universitas Kristen Duta Wacana, Yogyakarta. (Unpublished) document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/8678/1/94_PENDAHULUAN_KESIMPULAN_DAFTARPUSTAKA.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/8678/2/94_FULLTEXT.pdf