%X Online shop memberikan berbagai kemudahan bagi konsumen dalam berbelanja. Perkembangannya yang pesat membuat persaingan diantara online shop menjadi semakin ketat. Dalam skripsi ini dilakukan uji kebergunaan terhadap 3 situs online shop, yaitu Lazada, Zalora dan Blibli. Perbandingan yang dianalisis meliputi proses pembelian dari awal pemilihan produk hingga transaksi pembayaran. Metodologi yang digunakan dalam analisis ini adalah observasi, wawancara dengan konsumen yang pernah malakukan transaksi pembelian barang di ketiga online shop tersebut. Uji kebergunaan menghasilkan perbandingan ketiga online shop yang diteliti tentang bagaimana sebuah situs itu dianggap baik dan menarik pelanggan atau konsumen untuk berbelanja. Kesimpulan dari penelitian ini adalah berisi rekomendasi atas hasil perbandingan proses bisnis pada ketiga online shop, yang mana rekomendasi tidak dapat ditentukan secara objektif karena sifat konsumen tentang sebuah situs yang baik berbeda-beda. %I Univeristas Kristen Duta Wacana %A RIA WILLIAM 72150085 %T UJI KEBERGUNAAN PROSEDUR PEMBELIAN PADA SITUS PENJUALAN ONLINE STUDI KASUS: LAZADA, ZALORA, DAN BLIBLI %K Online shop, Usability, Penjualan %L katalog865 %D 2018