%0 Thesis %9 Bachelor %A Agung Dwi Setiyawan %B Filsafat Keilahian %D 2023 %F katalog:8546 %I Universitas Kristen Duta Wacana %K NieR:Automata, Richard Kearney, Keramahaan, David LeRoy Miller, Dimensi Mitologis Permainan, Gim Video %T KERAMAHAN DALAM PERMAINAN DIGITAL: MENINJAU NIER:AUTOMATA SEBAGAI MEDIA MENGOLAH NILAI KERAMAHAN DI ERA DIGITAL MENURUT TEOLOGI KERAMAHAN RICHARD KEARNEY %U https://katalog.ukdw.ac.id/8546/ %X Gim video merupakan produk budaya populer yang terus berkembang dari sisi teknologi dan jumlah peminat. Akan tetapi, tidak banyak tulisan akademis teologi yang membahas tentang nilai positif yang bisa dipelajari melalui gim video. Bahkan banyak tulisan yang menganggap remeh gim video. Oleh karena itu, skripsi ini mencoba menunjukkan nilai positif yang bisa dipelajari melalui salah satu gim video, yaitu NieR:Automata. NieR:Automata sendiri merupakan gim video naratif yang menceritakan siklus permusuhan antara android dan machine. Skripsi ini menggunakan dua teori untuk menunjukkan potensi yang dimiliki oleh gim video tersebut. Pertama, teologi keramahan dari Richard Kearney yang terdapat di dalam lima momen anateismenya. Kedua, dimensi mitologis permainan dari David LeRoy Miller. Kedua teori tersebut digunakan untuk menunjukkan dua hal, yaitu nilai keramahan yang bisa dipelajari dalam NieR:Automata dan dampak yang ditimbulkan oleh gim video tersebut bagi para gamer. Meskipun cerita dan gameplay dalam NieR:Automata menunjukkan kekerasan dan permusuhan, kombinasi dari kedua aspek tersebut justru mampu menggerakkan gamer untuk mengambil tindakan keramahan yang nyata di dalam dan melalui gim video tersebut. Dengan demikian, skripsi ini berhasil menunjukkan potensi gim video NieR:Automata sebagai media mengolah nilai keramahan di era digital.