%I Universitas Kristen Duta Wacana %X Setiap peserta didik di sekolah dan gereja memiliki latar belakang beragam yang mempengaruhi proses pembelajaran, mengakibatkan para peserta didik tidak mendapatkan hak dan kesempatan yang sama. James Banks mengungkapkan bahwa setiap peserta didik harus memiliki hak dan kesempatan yang sama. Untuk mewujudkan hak dan kesempatan yang sama bagi setiap peserta didik, Pendidikan Kristiani membutuhkan pendidikan multikultural. Hal ini dapat tercapai dengan menerapkan keempat tingkat pengintegrasian konsep multikultural pada kurikulum yang digunakan. Namun Penulis menemukan bahwa dalam realitanya tidak semua penerapan pendidikan multikultural menurut James Banks dapat diterapkan dengan efektif pada keempat pendekatan Pendidikan Kristiani menurut Jack Seymour. Dari penemuan ini Penulis berupaya menunjukkan pengintegrasian konsep multikultural menurut James Banks yang dapat diterapkan dengan efektif pada Pendidikan Kristiani menurut Jack Seymour. Dalam skripsi ini Penulis menggunakan teori pendidikan multikultural menurut James Banks dan teori Pendidikan Kristiani menurut Jack Seymour. Untuk memperjelas pembahasan yang ada, Penulis menggunakan GKI Kartasura sebagai contoh dalam melihat penerapan pendidikan multikultural menurut James Banks pada Pendidikan Kristiani menurut Jack Seymour. %A Emmanuela Angela Putri Suryandari %D 2023 %L katalog8541 %K keberagaman, pendidikan multikultural, Pendidikan Kristiani, GKI Kartasura %T PENERAPAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL MENURUT JAMES BANKS PADA PENDIDIKAN KRISTIANI MENURUT JACK SEYMOUR