eprintid: 8413 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 2098 dir: disk0/00/00/84/13 datestamp: 2024-05-16 02:28:50 lastmod: 2024-05-16 02:28:50 status_changed: 2024-05-16 02:28:50 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: , Gerry Susanto Sulistio creators_id: 71180326 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Arinugroho, Lukas Chrisantyo Adhyatmoko contributors_name: Raharjo, Willy Sudiarto contributors_id: 0508048302 contributors_id: 0523048301 title: PERANCANGAN APLIKASI TIME MANAGEMENT UNTUK MAHASISWA BERBASIS GAMIFICATION ispublished: pub subjects: QA75 subjects: T1 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted keywords: Aplikasi, Time Management, Gamifikasi, Teknik Pomodoro, Design Thinking abstract: Skripsi ini membahas perancangan aplikasi Time Management berbasis gamifikasi untuk mahasiswa dengan fokus pada penerapan Teknik Pomodoro. Mahasiswa sering menghadapi kendala dalam mengatur waktu karena banyaknya tugas dan distraksi contohnya media sosial. Untuk mengatasi masalah ini, aplikasi dikembangkan dengan pendekatan Design Thinking dan menggunakan elemen gamifikasi untuk meningkatkan motivasi mahasiswa. Penerapan Teknik Pomodoro dalam aplikasi ini membantu mahasiswa memecah tugas besar menjadi tugas-tugas kecil, meminimalkan beban kerja, dan meningkatkan produktivitas. Desain aplikasi ini dibangun dengan mempertimbangkan kebutuhan dan pengalaman pengguna melalui metode Design Thinking. Pada tahap pengujian, digunakan Task Scenario untuk mengukur effectiveness dan System Usability Scale untuk mengukur satisfaction pengguna. Hasil pengujian menunjukkan tingkat effectiveness mencapai 87,2% dan hasil SUS mendaptakan rata-rata 65,7% sehingga termasuk pada kategori tingkat D (OK) dan acceptability ranges pada high marginal. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa aplikasi ini masih dapat berjalan dengan normal dan beberapa pengguna masih dapat menerima dan menggunakannya dengan baik. date: 2024-03-09 date_type: published institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other funders: gerrysulistio@gmail.com citation: Gerry Susanto Sulistio (2024) PERANCANGAN APLIKASI TIME MANAGEMENT UNTUK MAHASISWA BERBASIS GAMIFICATION. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/8413/1/71180326_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/8413/2/71180326_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf