@phdthesis{katalog8413, title = {PERANCANGAN APLIKASI TIME MANAGEMENT UNTUK MAHASISWA BERBASIS GAMIFICATION}, year = {2024}, school = {Universitas Kristen Duta Wacana}, author = {Gerry Susanto Sulistio}, month = {March}, abstract = {Skripsi ini membahas perancangan aplikasi Time Management berbasis gamifikasi untuk mahasiswa dengan fokus pada penerapan Teknik Pomodoro. Mahasiswa sering menghadapi kendala dalam mengatur waktu karena banyaknya tugas dan distraksi contohnya media sosial. Untuk mengatasi masalah ini, aplikasi dikembangkan dengan pendekatan Design Thinking dan menggunakan elemen gamifikasi untuk meningkatkan motivasi mahasiswa. Penerapan Teknik Pomodoro dalam aplikasi ini membantu mahasiswa memecah tugas besar menjadi tugas-tugas kecil, meminimalkan beban kerja, dan meningkatkan produktivitas. Desain aplikasi ini dibangun dengan mempertimbangkan kebutuhan dan pengalaman pengguna melalui metode Design Thinking. Pada tahap pengujian, digunakan Task Scenario untuk mengukur effectiveness dan System Usability Scale untuk mengukur satisfaction pengguna. Hasil pengujian menunjukkan tingkat effectiveness mencapai 87,2\% dan hasil SUS mendaptakan rata-rata 65,7\% sehingga termasuk pada kategori tingkat D (OK) dan acceptability ranges pada high marginal. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa aplikasi ini masih dapat berjalan dengan normal dan beberapa pengguna masih dapat menerima dan menggunakannya dengan baik.}, url = {https://katalog.ukdw.ac.id/8413/}, keywords = {Aplikasi, Time Management, Gamifikasi, Teknik Pomodoro, Design Thinking} }