eprintid: 8409 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 2097 dir: disk0/00/00/84/09 datestamp: 2024-05-16 01:32:35 lastmod: 2024-05-16 01:32:35 status_changed: 2024-05-16 01:32:35 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: , Indra Nugraha creators_id: 72190325 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Oslan, Yetli contributors_name: Wibowo, Argo contributors_id: 0503017001 contributors_id: 0516118902 title: E-GOVERMENT PUSAT PENGADUAN MASYARAKAT STUDI KASUS : INSPEKTORAT KABUPATEN GUNUNG MAS, KALIMANTAN TENGAH ispublished: pub subjects: QA76 subjects: ZA4050 divisions: sist_informasi full_text_status: restricted keywords: E-Goverment, Pengaduan Masyarakat, OPD, Sistem Informasi abstract: Pelayanan publik yang memuaskan semakin penting di era informasi dan globalisasi, di mana instansi pemerintahan dituntut beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Meskipun Inspektorat Kabupaten Gunung Mas berperan sebagai pengawas pengaduan masyarakat, sistem pengaduan masih bersifat konvensional. Ketidakpraktisan pendekatan ini menyebabkan masyarakat harus datang langsung ke kantor untuk melaporkan pengaduan secara tertulis. Kurangnya sistem berbasis online menyebabkan sulitnya pengelolaan data laporan dan kehilangan berkas laporan. Hal ini juga menyebabkan kurangnya informasi tentang tindak lanjut pengaduan, mengakibatkan kehilangan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan OPD di Kabupaten Gunung Mas. Sistem yang dibangun pada penelitian ini adalah berbasis web yang mana pada tahapan dari pembangunan sistem menggunakan metode Software Development Life Cycle yang membantu dalam pengembangan aplikasi secara bertahap dan terstruktur. Disamping itu juga, pembangunan sistem didukung dengan framework bahasa pemograman PHP yaitu laravel yang mempermudah dalam pengerjaan implementasi kode program sistem dan untuk implementasi pembangunan antarmuka sistem ini dibantu dengan framework CSS yaitu Admin LTE versi 3.1. Penelitian yang dilakukan ini menghasilkan sebuah sistem pengaduan masyarakat atau e-government yang dapat diakses dengan mudah dan praktis oleh masyarakat, yang mendukung pengelolaan laporan pengaduan bagi petugas OPD, serta membantu petugas inspektorat dalam monitoring kinerja OPD untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik bagi masyarakat. date: 2024-03-09 date_type: published institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Sistem Informasi thesis_type: skripsi thesis_name: other funders: indrangrha13@gmail.com citation: Indra Nugraha (2024) E-GOVERMENT PUSAT PENGADUAN MASYARAKAT STUDI KASUS : INSPEKTORAT KABUPATEN GUNUNG MAS, KALIMANTAN TENGAH. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/8409/1/72190325_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/8409/2/72190325_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf