eprintid: 8269 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 2098 dir: disk0/00/00/82/69 datestamp: 2024-05-21 01:35:13 lastmod: 2024-05-21 01:35:13 status_changed: 2024-05-21 01:35:13 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: , Meidianti Ayu Permatasari creators_id: 72190361 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Siang, Jong Jek contributors_name: Wibowo, Argo contributors_id: 0525016601 contributors_id: 0516118902 title: IMPLEMENTASI MULTIDIMENSIONAL SERVICE LEVEL ACCURACY UNTUK ANALISIS PENYEBAB KEGAGALAN PENGIRIMAN BARANG STUDI KASUS : PERUSAHAAN IKP ispublished: pub subjects: QA75 subjects: T1 divisions: sist_informasi full_text_status: restricted keywords: dashboard, reports, service level accuracy, penyebab gagal kirim, purchase order, supply chain management abstract: Perusahaan IKP merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang pulp dan kertas, menjual barang untuk digunakan oleh industri lain sebagai bahan baku produksi menjadi barang konsumen. Perusahaan IKP menggunakan System Application and Product in data processing (SAP) salah satunya untuk mengelola sistem Purchase Order (PO). Divisi Supply Chain Management (SCM) merupakan divisi yang bertanggung jawab dalam mengelola PO yang mengelola transaksi penjualan produk tisu konsumen direct. Service level accuracy digunakan SCM untuk mengukur kinerja pengiriman barang kepada konsumen. Cara yang dilakukan dalam menganalisis service level hanya dengan menggunakan pivot table. Divisi SCM belum memiliki sistem yang mendukung dalam menganalisis data penyebab kegagalan pengiriman barang. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi dengan kebutuhan user SCM didapatkannya informasi berupa daftar kebutuhan pengguna. Penelitian ini dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan itu dengan dibuatnya sistem dashboard dan report. Dashboard dan report yang dibangun berbasis web menampilkan ringkasan data service level. Sistem yang dibangun ini dirancang dan dikembangkan sesuai kebutuhan pengguna. Hasil akhir penelitian ini adalah sebuah dashboard dan report. Dashboard yang ditampilkan dapat melihat ringkasan informasi berupa angka dan visual yang berisi diagram lingkaran, diagram donat, dan diagram batang. Diagram lingkaran menampilkan jumlah asal pabrik yang memproduksi barang, diagram donut menampilkan jumlah kota asal konsumen berdasarkan jumlah pemesanan barang. Diagram batang menampilkan kriteria tertentu dari alasan gagal kirim berdasarkan konsumen, zona, serta produk. Lalu pada Report berupa tabel hasil olah data service level accuracy dengan didukung fitur pencarian data serta, cetak file sehingga pengguna dapat memperoleh data yang dibutuhkan sebagai analisis kepada atasan. date: 2023-12-02 date_type: published institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Sistem Informasi thesis_type: skripsi thesis_name: other funders: meidiantiayu.ps@gmail.com citation: Meidianti Ayu Permatasari (2023) IMPLEMENTASI MULTIDIMENSIONAL SERVICE LEVEL ACCURACY UNTUK ANALISIS PENYEBAB KEGAGALAN PENGIRIMAN BARANG STUDI KASUS : PERUSAHAAN IKP. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/8269/1/72190361_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/8269/2/72190361_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf