eprintid: 8264 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 2098 dir: disk0/00/00/82/64 datestamp: 2024-05-21 01:38:21 lastmod: 2024-05-21 01:38:21 status_changed: 2024-05-21 01:38:21 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: , Gressia Sevani Putri creators_id: 72190341 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Handiwidjojo, Wimmie contributors_name: Siang, Jong Jek contributors_id: 0528126201 contributors_id: 0525016601 title: SISTEM INFORMASI PEMESANAN BUNGA BERBASIS WEB STUDI KASUS FLOWER HOUSE PALANGKARAYA ispublished: pub subjects: QA76 subjects: T1 divisions: sist_informasi full_text_status: restricted keywords: Pemesanan, Payment Gateway, User Acceptance Testing abstract: Flower House merupakan salah satu toko bunga yang telah berdiri sejak tahun 2021 dan berlokasi di Kota Palangkaraya. Toko ini memiliki berbagai bunga yang dapat dipesan untuk dirangkai. Bunga yang tersedia antara lain seperti bunga mawar, bunga aster, bunga pikok, bunga krisan, bunga baby breath, bunga gompi, dan bunga lily. Sedangkan untuk kategori produk terdapat bunga meja, bunga papan, bunga tangan, dan bunga potong. Pemesanan rangkaian bunga dimulai dengan pelanggan memesan melalui telepon, SMS atau Whatsapp. Rangkaian bunga sesuai pesanan adalah hasil akhir dari pemesanan dan siap dikirim kepada pembeli. Namun dalam perkembangannya banyak pesanan bunga yang masuk dari luar Gereja. Pemanfaatannya juga semakin meluas dan bukan hanya sebagai aksesoris pernikahan. Akibatnya beberapa pesanan tidak terlayani dengan baik. Dalam penelitian ini, dibuat sistem informasi pemesanan bunga dengan menggunakan payment gateway sebagai pihak ketiga yang akan memvalidasi informasi pembayaran yang diberikan oleh pelanggan. Sistem ini dilengkapi dengan perhitungan ongkos kirim produk bunga senilai dua ribu lima ratus per kilometer, batas minimal ongkos kirim adalah dua puluh ribu rupiah atau setara dengan minimal 2 kilometer, jika kurang dari 2 kilometer maka akan tetap dihitung 2 kilometer. Selain itu fitur di role karyawan dapat mengubah status dari pesanan yang telah lunas dibayar, status tersebut seperti sedang diproses, sedang diantar dan selesai. Penelitian ini menggunakkan pengujian dengan metode user acceptance testing (UAT). Pengujian ini dilakukan oleh pengguna dengan menggunakan skenario pengujian untuk menguji fitur sistem yang telah di bangun dan kesesuaian sistem serta melihat fungsionalitas dari sistem. Berdasarkan hasil pengujian, sistem yang dibangun berjalan dengan baik. date: 2023-12-02 date_type: published institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Sistem Informasi thesis_type: skripsi thesis_name: other funders: gressia.gsp@gmail.com citation: Gressia Sevani Putri (2023) SISTEM INFORMASI PEMESANAN BUNGA BERBASIS WEB STUDI KASUS FLOWER HOUSE PALANGKARAYA. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/8264/1/72190341_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/8264/2/72190341_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf