%0 Thesis %9 Bachelor %A 12140005, PUTRI FAJARINA KALAWULAN %A Universitas Kristen Duta Wacana, %B Akuntansi %D 2018 %F katalog:825 %I Universitas Kristen Duta Wacana %K Biaya Promosi berbasis variable costing, Harga Jual menggunakan metode markup pricing. %P 59 %T PENGARUH BIAYA PROMOSI BERBASIS VARIABLE COSTING TERHADAP HARGA JUAL YANG MENGGUNAKAN METODE MARKUP PRICING MELALUI PENINGKATAN JUMLAH PENJUALAN PERUMAHAN PADA KASUS PT. BUMIPRIMA ALAMINDAH %U https://katalog.ukdw.ac.id/825/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat pengaruh biaya promosi berbasis variable costing yaitu untuk melihat transaksi apa saja yang dapat dikurangi pada biaya promosi untuk meningkatkan penjualan serta harga jual yang menggunakan metode markup pricing untuk laba yang diharapkan melalui peningkatan jumlah penjualan perumahan pada kasus PT. Bumiprima Alamindah. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh signifikan pada biaya promosi berbasis variable costing terhadap harga jual yang menggunakan metode markup pricing melalui peningkatan jumlah penjualan. Diamana biaya promosi dipisahkan antara biaya fixed costing dan variable costing dengan metode high-low secara per bulan pada periode 2014- 2016 kemudian harga jual dihitung dengan menggunakan metode markup pricing secara per bulannya pada periode 2014-2016. Setelah mendapatkan hasil dari independen dan dependennya, peneliti melakukan uji deskriptif, uji regresi linier sederhana dan uji t untuk mendapatkan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh signifikan pada biaya promosi berbasis variable costing terhadap harga jual yang menggunakan metode markup pricing melalui peningkatan jumlah penjualan.