eprintid: 8191 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 2097 dir: disk0/00/00/81/91 datestamp: 2024-05-16 02:43:58 lastmod: 2024-06-11 06:04:04 status_changed: 2024-06-11 06:04:04 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: , Grey Julian Hae Doko creators_id: 12180297 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Setyowati, Servatia Mayang title: PENGARUH SOCIAL MEDIA INFLUENCER TERHADAP MINAT INVESTASI DENGAN FEAR OF MISSING OUT SEBAGAI VARIABEL MODERASI ispublished: pub subjects: HF subjects: HF5601 subjects: HG divisions: pro_akuntansi full_text_status: restricted keywords: Fear of Missing, Minat Investasi, Perbandingan Sosial, Social Media Influencer abstract: Penelitian ini mengeksplorasi hubungan antara Social Media Influencer (SMI) dan minat investasi, dengan mempertimbangkan potensi Fear of Missing Out (FoMO) pada generasi Z dan milenial. Melibatkan 243 responden di Kota Yogyakarta, Kota Kupang, dan Kota Pontianak, penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan Partial Least Squares Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Hasilnya menunjukkan hubungan positif signifikan antara SMI dan minat investasi (path coefficient 0,164, p-value 0,020). FoMO memiliki efek moderasi negatif pada hubungan tersebut (path coefficient -0,122, p-value 0,044), menunjukkan bahwa FoMO dapat mengurangi dampak positif SMI terhadap minat investasi. date: 2024-03-09 date_type: published institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Akuntansi thesis_type: skripsi thesis_name: other funders: greydoko@gmail.com citation: Grey Julian Hae Doko (2024) PENGARUH SOCIAL MEDIA INFLUENCER TERHADAP MINAT INVESTASI DENGAN FEAR OF MISSING OUT SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/8191/1/12180297_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/8191/2/12180297_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf