%0 Thesis %9 Bachelor %A Grey Julian Hae Doko %B Akuntansi %D 2024 %F katalog:8191 %I Universitas Kristen Duta Wacana %K Fear of Missing, Minat Investasi, Perbandingan Sosial, Social Media Influencer %T PENGARUH SOCIAL MEDIA INFLUENCER TERHADAP MINAT INVESTASI DENGAN FEAR OF MISSING OUT SEBAGAI VARIABEL MODERASI %U https://katalog.ukdw.ac.id/8191/ %X Penelitian ini mengeksplorasi hubungan antara Social Media Influencer (SMI) dan minat investasi, dengan mempertimbangkan potensi Fear of Missing Out (FoMO) pada generasi Z dan milenial. Melibatkan 243 responden di Kota Yogyakarta, Kota Kupang, dan Kota Pontianak, penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan Partial Least Squares Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Hasilnya menunjukkan hubungan positif signifikan antara SMI dan minat investasi (path coefficient 0,164, p-value 0,020). FoMO memiliki efek moderasi negatif pada hubungan tersebut (path coefficient -0,122, p-value 0,044), menunjukkan bahwa FoMO dapat mengurangi dampak positif SMI terhadap minat investasi.